HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN TEORI MUSIK DENGAN TEKNIK BERMAIN DALAM PEMBELAJARAN ANSAMBEL MUSIK DI SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan hubungan antara pemahaman teori musik dengan teknik bermain dalam pembelajaran ansambel musik di SMA Negeri 1 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, adapun diperoleh jumlah sampel sebanyak 50 orang. Data dikumpulkan dengan tes untuk memperoleh nilai siswa. Validitas diperoleh dengan uji korelasi product moment dan reliabilitas dengan alpha cronbach. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pemahaman teori musik dengan teknik bermain dalam pembelajaran ansambel musik di SMA Negeri 1 Yogyakarta, hal ini dibuktikan dari nilai r hitunglebih besar dari r tabel (0,627>0,279). Nilai R2 sebesar 0,393 berarti 39,3% perubahan pada variabel teknik bermain dalam pembelajaran ansambel musik dapat diterangkan oleh pemahaman teori musik.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.