UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PAIKEM DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK KELAS VII DI SMP ALOYSIUS DENGGUNG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan upaya peningkatan prestasi belajar Siswa menggunakan Model PAIKEM dalam pembelajaran Seni Musik di SMP Aloysius Denggung. Data dikumpulkan dengan observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PAIKEM dapat meningkatkan prestasi belajar seni musik siswa kelas VII di SMP Aloysius Denggung. Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata prestasi belajar siswa pada saat siklus I sudah ada peningkatan dari pra siklus, dan siklus II sudah ada peningkatan dari siklus I. Hasil prestasi belajar siswa dengan indikator rata-rata nilai ulangan (aspek kognitif) pada pra siklus sebesar 51,68, pada siklus I meningkat menjadi 73,09, dan pada siklus II meningkat menjadi 79,14. Sedangkan untuk hasil prestasi belajar siswa dengan indikator persentase jumlah siswa yang mencapai KKM pada pra siklus sebesar 18,2 %, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 45,5%. Melalui kegiatan pembelajaran siklus II menggunakan model pembelajaran PAIKEM, persentase jumlah siswa yang mencapai KKM pada siklus II meningkat menjadi 90,9%.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.