PENGEMBANGAN MODUL PEMESINAN BUBUT PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN BUBUT DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SALAM
Paryanto ., Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Artikel ini membahas tahap/prosedur pengembangan Modul Menggunakan Mesin Bubut yang mudah dipahami dan dimengerti untuk siswa kelas XI dan kajian kelayakan modul pembelajaran Pemesinan Bubut untuk mata pelajaran Teknik Pemesinan Bubut SMK Muhammadiyah 1 Salam. Produk modul ini dikembangkan dengan teknik model pengembangan Four-D dari Thiagarajan. Hasil pengembangan yang diperoleh adalah produk modul Pemesinan Bubut yang telah dihasilkan untuk siswa SMK Muhammadiyah 1 Salam memenuhi aspek-aspek karakteristik dan elemen mutu modul. Ini menunjukkan bahwa modul sudah memenuhi tuntutan yang dibutuhkan sebagai bahan belajar siswa. Tingkat kelayakan produk modul diketahui dari hasil penilaian oleh ahli materi, ahli media, serta uji keterbacaan untuk mengetahui tanggapan siswa. Hasil penilaian ahli materi mencapai nilai rata-rata 3.31 pada kategori sangat layak. Hasil penilaian ahli media mencapai nilai rata-rata 3.11 pada kategori layak. Hasil uji keterbacaan mencapai nilai rata-rata 3.31 dan masuk pada kategori sangat layak.
This article discuss define the steps on developing module on lathe machine subject for grade XI students of Machining Program, and feasibility of Machining Lathe learning modules for Lathe Machining technique subjects SMK Muhammadiyah 1 Salam. This module has been developed by using Four-D development model by Thiagarajan. The development result were: Lathe Machining modules which had been produced for students in SMK Muhammadiyah 1 Salam fulfilled characteristic aspects and quality element aspects. This suggested that the modules had fulfill the demands needed as a learning media for students. The feasibility of modules determined from validation by subjects expert, media expert, and also readability test to determine students respond. The result of validation by subject expert had reach the average value 3.31 and was categorized as very feasible. The result of validation by media had reach the average value 3.11 and was categorized as feasible. The result of readability tes had reach the average value 3.31 and was categorized as very feasible.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v5i6.9437
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin