ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL TEORI KEJURUAN KELAS X TEKNIK PEMESINAN SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA
Sudji Munadi, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir Soal ujian tengah semester genap mata pelajaran Teori Kejuruan Kelas X Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Objek Penelitian ini adalah lembar jawaban soal ujian tengah semeter genap mata pelajaran teori kejuruan yang terdiri dari 40 butir soal pilihan ganda. Soal tersebut dianalisis berdasarkan validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan bantuan program komputer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas soal masih rendah dengan rincian : Kualitas butir soal sangat baik berjumlah 6 soal (15%), soal kualitas baik berjumlah 5 soal (12,5%), soal kualitas sedang berjumlah 9 soal (22,5%), soal kualitas tidak baik berjumlah 10 soal (25%), dan soal kualitas sangat tidak baik berjumlah 10 soal (25%).
This study aims to determine the quality of test items in midterm test of even semester Vocational Theory subject of grade X Mechanical Engineering in SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta academic year 2016/2017. This study is a descriptive quantitative research. Object in this study is the test items of midterm test of Vocational Theory consists of 40 items multiple choice. The test item is analyzed based on validity, reliability, difficulty level, Differentiating power, and effectiveness of the distractor. Subjects in this study were students. The technique of collecting data using documentation method. The data is analyzed using the help of computer program. The result of the study shows that the quality of the test items is still low with the following details: The quality of the items which are very good amount to 6 questions (15%), the good quality consists of 5 questions (12.5%), the medium quality consists of 9 questions (22.5 %), The bad quality amount to 10 questions (25%), and the quality of the test items which is not good amount to 10 questions (25%).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aditya Melia Nugrahanti. (2012). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Anas Sudijono. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Eko Putro Widoyoko. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Depdiknas. 2003. UU RI No. 22 tahun 2003 tentang Pendidikan Sistem Nasional. Jakarta.
Djemari Mardapi. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendikia.
Suharsimi Arikunto. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Suwandi. (2013). Evaluasi Pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN). Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan. 21 (3), 231.
Zainal Arifin. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v5i3.7110
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin