PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN BUBUT

Muhammad Naim, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Nuchron -, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media pembelajaran aplikasi android terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknik pemesinan bubut di SMK N 3 Yokyakarta. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment (eksperimen semu) dengan bentuk desain nonequivalent control group. Sampel yang digunakan adalah seluruh populasi yaitu kelas XI TP 2 sebagai kelompok eksperimen dan XI TP 3 sebagai kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran aplikasi android memberi pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SM N 3 Yogyakarta.

The purpose of this research is to investigate the effects of android application learning media on the students’ learning outcomes in lathe machining techniques subject at SMK N 3 Yogyakarta. This research used quasi experiment design in the form of non-equivalent control design. Sampel being used in this research are all of the population of XI TP 2 as experiment group and XI TP 3 as control group. The result show that android application learning media have a positive effects’ on students’ learning outcomes of the XI grade students at SMK N 3 Yogyakarta.


Keywords


Media pembelajaran, hasil belajar, teknik pemesinan bubut; Learning media , android application, learning outcomes, lathe machining technique

Full Text:

PDF

References


Cecep Kustandi & Bambang Sutjipto. (2013). Media Pembelajaran; Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia

Marsudi. (2016). Penerapan Model Konstruktivistik Dengan Media File Gambar 3d Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 23 (1), 16-27.

Purwaning Raharjo. (2016). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Pada Pembelajaran Pengukuran Dasar Di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin. 4 (6), 415-422.

Tiwan. (2006). Penerapan Modul Pembelajaran Bahan Teknik Sebagai Upaya Peningkatan Proses Pembelajaran Di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 19 (2), 255-280.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v5i3.7109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin