PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI DAN PEMAHAMAN MENGENAI SMK TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KE SMK

Fredy Kuswantoro, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Sugiyono ., Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan pemahaman mengenai SMK siswa SMP di kota Yogyakarta terhadap minat melanjutkan studi ke SMK. Desain penelitian ini adalah survey. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP di kota Yogyakarta yang berjumlah 8646 siswa, dan untuk sampel penelitian sebanyak 376 siswa, yang didapatkan secara proportionate random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara status sosial ekonomi orang tua dengan minat melanjutkan studi ke SMK dengan nilai koefisien korelasi sebesar -0,417. Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara pemahaman mengenai SMK dengan minat melanjutkan studi ke SMK dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,614. Terdapat pengaruh yang negatif dan signifikan dari status sosial ekonomi orang tua dan pengaruh yang positif dan signifikan pemahaman mengenai SMK dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,703 dan koefisien determinasi sebesar 0,495, dengan persamaan garis regresinya Y = 0,847 – 0,452(X1) + 0,949(X2).

This study is to investigate the influence of parents’ socioeconomic status and understanding of vocational high school (VHS) on Junior High School students in Yogyakarta towards the interest to pursue their study in VHS Method of this study was survey. Population of the study is ninth grade students of Junior High School in Yogyakarta which 8646 students in total, and for researcher took 376 students as a sample which taken by proportionate  random sampling. Techniques of data analysis used was simple regression analysis and multiple regression analysis. The result of this study revealed there is negative and significant impact of parents’ socioeconomic status and the interest to pursue study in VHS with the coefficient correlation value was -0.417. There is a significant of positive effect between the understanding of VHS and the interests to pursue study in VHS with correlation coefficient value was 0.614. There is a negative influence and significant of parents’ socioeconomic status and positive influence and significant understanding of VHS with correlation coefficient value was 0.703 and the determination coefficient value was 0,495, with the equation of the regression line Y = 0,847 – 0,452(X1) + 0,949(X2).


Keywords


Status sosial ekonomi, pemahaman, minat, studi, SMK; Socioeconomic status, understanding, interest, study, VHS

References


Anas Sudijono. (2013). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Emilda Jusmin. (2012). Pengaruh Latar Belakang Keluarga, Kegiatan Praktik di Unit Produksi Sekolah, dan Pelaksanaan Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Kesiapan Berwirausaha Siswa SMK di Kabupaten Tanah Bumbu. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 22 (1), 46-59.

Disdikpora DIY. (2014). Data dan Informasi.Yogyakarta: Disdikpora.

Soerjono Soekanto. (2012). Sosiologi suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suparman. (2014). Peningkatan Kemandirian Belajar dan Minat Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Elektronika Analog dengan Pembelajaran PBL. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 22 (1), 83-88.

Widyabakti Sabatari dan V. Lilik Hariyanto. (2013). Upaya Pembelajaran Kewirausahaan di SMK Potret Komitmen Terhadap Standar Nasional Proses Pendidikan dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 21 (3), 285-293.

W.S Winkel. (1996). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v5i2.7094

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin