PENGARUH BIMBINGAN KARIR DAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 2 PENGASIH

Hari Din Nugraha, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Widarto -, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan karir dan praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa di SMK Negeri 2 Pengasih. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak 92 siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Pemesinan tahun ajaran 2016/2017. Sampel yang digunakan sebanyak 48 siswa kelas TP1, TP2 dan TP3. Teknik sampling menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jenis sampling sistematis. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bimbingan karir memiliki pengaruh positif dan signifikan sebesar 52,5% dan sumbangan efektif sebesar 48,83%, sedang praktik kerja industri juga berpengaruh positif dan signifikan sebesar 18,8% dan sumbangan efektif sebesar 14,23%. Selanjutnya, bimbingan karir dan praktik kerja industri secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan sebesar 63,1%.

The aim of this research is to identify the effect of career guidance and industrial practice on the students’ at 2nd State Vocational High School (SVHS), Pengasih. This was an ex-post facto research with quantitative descriptive research type. The population were 92 student of XII grade of Machining Engineering Program academic year 2016/2017. The samples were 48 students of TP1, TP2 and TP3 class. The sampling technique was nonprobability sampling with systematic sampling type. Data that collected using questionnaires and documentation were analysis by simple and multiple regression analysis. The study results indicate that the career guidance has a positive and significant influence of 52,5% and the effective contribution of 48,83 while industrial practice also has a positive and significant influence of 18,8% and the effective contribution of 14,23%. Moreover, career guidance and industrial practice simultantly has positive and significant effect of 63,1%.


Keywords


Bimbingan karir, praktik kerja industri, kesiapan kerja; Career guidance, industrial work practice, job readiness

Full Text:

PDF

References


Djojonegoro, Wardiman. (1998). Pengembangan Sumber Daya Manusia Manusia melalui SMK. Jakarta: Jayakarta Offset.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Widarto. (2015). Bimbingan Karier dan Tips Berkarier. Yogyakarta: Leutikaprio.

Widhiarso, Wahyu. tth. Validitas Isi Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.

Sidig Triwibowo (2014). Pengaruh pendidikan karakter dan praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa Kelas XII Program Studi Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Seyegan. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta

Angelina Anjar Sawitri (2016) . Pengangguran terbuka di Indonesia Capai 7,02 Juta orang. Diakses pada tanggal 29 juli 2016 https://m.tempo.co/read/news/2016/05/04/173768481/bps-pengangguran-terbuka-di indonesia-capai-7-02-juta-orang.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v5i1.6785

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin