EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GAMBAR TEKNIK MESIN DENGAN BENDA NYATA DI SMK NEGERI 1 SEDAYU
Subiyono -, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan sampel penelitian siswa kelas X SMK N 1 Sedayu. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas pembelajaran Gambar Teknik Mesin dengan benda nyata bila dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Uji beda dilakukan untuk mengukur efektivitas media pembelajaran menggunakan benda nyata dan pembelajaran konvensional berdasarkan kriteria hasil belajarnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa efektivitas pembelajaran dengan benda nyata dibanding pembelajaran konvensional mempunyai perbedaan yang signifikan. Pembelajaran benda nyata lebih meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada materi Gambar Teknik Mesin kelas X. Berdasarkan hasil uji t dari nilai posttest kelas ekperimen diperoleh t hitung> ttabel (27,571>0,35), serta nilai signifikansi (F) adalah 0,016<α(0.05), H0 ditolak dan Ha diterima. Ini membuktikan bahwa media pembelajaran benda nyata efektif untuk meningkatakan hasil belajar siswa pada materi Gambar Teknik Mesin kelas X SMK Negeri 1 Sedayu.
The aim of this quasi experiment study was to determine the effectiveness of mechanical drawing learning used the real object as media if it compared with conventional learning which had been use in SMK N 1 Sedayu. The study’s method was quasi experiment with pretest-posttest control group design. Based on the different test the effectiveness of learning using real object compared with learning using conventional media has significantly different. Using real object was increased student’s learning result than conventional learning on mechanical drawing. Based on t’s test result from posttest score of group experiment could be gotten t test more than t table (27, 571>0,35), and signification score (F) was 0,016 <α (0.05), thus H0 was refused and Ha wass accepted. It could be proven that learning media using real object was effective to improve student’s learning result on the mechanical drawing in SMK Negeri 1 Sedayu.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Sadyadharma. (1984). Sattistika: Nonparametrik, teori-soal-penyelesaian. Cetakan Pertama. Semarang: Satya Wacana.
Dunne, Richard. (1996). .Pembelajaran Efektif (Terjemahan). Jakarta.: Grasindo.
Eko Saryono. (2012). Efektivitas Pembelajaran Gambar Teknik Mesin Dasar di SMK Negeri 1 Sedayu. Skripsi, tidak dipublika-sikan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Furqan, M. (2007). Media Pembelajaran. Diakses tanggal 14 Januari 2016 dari: http://www.waspada.co.id/serbaserbi/pendidikan/artikel.php?article_id=60902.
Sparrow, L & Swan, P. (2000). Student centred learning: Is it possible?. Diakses tanggal 18 Januari 2016 dari http://lsn.curtin. edu.au/tlf/tlf200/sparrow.html.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.
Sri Cahyani. (2012). Efektivitas Pembelajaran Gambar Teknik Mesin dengan Benda Nyata di SMK N 2 Depok. Skripsi, tidak dipublikaikan. Universitas Negeri Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v5i1.6784
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin