PENGARUH MOTIVASI DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUKTIF BIDANG PEMESINAN DI SMK NASIONAL BERBAH

Muhammad Noor Fitriyanto, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Paryanto -, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan gaya belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran produktif bidang pemesinan. Jenis penelitian ini adalah penelitian jenis expos-facto. Populasi penelitian sebanyak 103 siswa. Jumlah sampel sebanyak 81 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengujian prasyarat analisis yang terdiri dari uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas. Pengujian hipotesis terdiri dari analisis bivariat, analisis multivariat. Selain itu juga terdapat uji koefisien determinasi (R2), uji F, dan Uji t untuk mengetahui besarnya sumbangan masing masing prediktor terhadap kriterium menggunakan sumbangan relatif dan sumbangan afektif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar, dengan nilai r sebesar 0,463 pada taraf siginifikansi 5 %; (2) adanya pengaruh positif dan signifikan antara gaya belajar terhadap hasil belajar dengan nilai r sebesar 0,342 pada taraf signifikansi 5%; (3) adanya pengaruh positif dan signifikan antara motivasi dan gaya belajar secara bersama sama terhadap hasil belajar dengan F sebesar 16,224 lebih besar dari pada taraf signifikansi 5%.

This research aimed at knowing the influence of learning motivation and style on the outcome of productive subject of machining program. A 81 sample students of this ex-post facto research were choose from 103  population students. The data collection techniques were questionaries and documentation. The data were then analyzed using analysis prerequisite test that consists of normality test, linearity test, multicollinearity test, while hypothesis test consists of a bivariate analysis, multivariate analysis. There is also the coefficient of determination () test, F test and t test. The relative and effective contributions were used to know the contribution of each predictor towards the criterion. The results indicate that: (1) the influence of a positive and significant correlation between learning motivation towards the result of learning and a nominal of r 0.463 on the level of siginificance in amount of 5%; (2) the influence of positive and significant correlation between learning styles towards the result of learning and a nominal of r 0.342 on the level of significance in amount 5%; (3) there is a positive and significant influence between motivation and learning styles collectively towards in the amount of F 16.224 on the significant level of 5%.


Keywords


Motivasi Belajar, gaya belajar, hasil belajar; Learning motivation, learning style, learning result

Full Text:

PDF

References


Anas Sudijono. (2009). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Firdaus Zulia F. (2012). Pengaruh Gaya Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA. Skipsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Ghufron, M.N dan Risnawati, R. (2012). Gaya Belajar Kajian Teoretik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Siti Musdalifah. (2009). Pengaruh gaya belajar dan lingkungan belajar siswa terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPA MA Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sri Widayatni. (2013). Pengaruh Motivasi Belajar dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mutu Pelayanan Kebidanan di Akademi Kebidanan Giri Satria Husada Wonogiri. Skripsi, tidak dipublikasikan. Stikes Surya Global.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v5i1.6782

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin