METODE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI TEKNOLOGI MEKANIK DI SMK NEGERI 2 KLATEN
Arianto Leman Soemowidagdo, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran teori teknologi mekanik dengan materi perkakas tangan menggunakan metode group investigation. Subjek penelitian ini adalah 35 siswa kelas X TPL dibagi menjadi 7 kelompok. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Keaktifan siswa diamati dan dicatat dengan lembar observasi, sedangkan hasil belajar dikumpulkan melalui test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode group investigation dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa meningkat dari 76 pada siklus pertama meningkat menjadi 83 pada siklus kedua.
This research aimed at improving activeness and learning outcome on hand tools theory in mechanical technolgy subject using group investigation method. The research subject were 35 student of X TPL class which divided into 7 groups. These research was conducted in 2 cycles. The student activeness was observed and recorded with observation sheet, while learning outcome collected by test. The result of this research is that group investigation could increase the activity and learning outcome. The learning outcome is increase from 76 on the first cycle become 83 on the second cycle.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aunurrahman. (2009). Belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Dwi Siswoyo, dkk. (2008). Ilmu pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Gulo, W. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.
Feri Candra Setiawan (2013). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah melalui Metode Group Investigation Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Srandakan Tahun Ajaran 2012/2013. Universitas Negeri Yogyakarta. Abstrak Hasil Penelitian UNY. Yogyakarta: Digilib UNY.
Nana Sudjana. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rizkytasari Dini Hardianti (2010). Hubungan Antara Aktivitas Belajar Dengan menggunakan Metode Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Kognitif Ips Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Cawas. Universitas Negeri Yogyakarta. Abstrak Hasil Penelitian UNY. Yogyakarta: Digilib UNY.
Triyanto. (2012). Mendesain model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v4i8.5606
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin