HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR, BIMBINGAN KARIR DAN SIKAP MANDIRI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL
Subiyono -, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan prestasi belajat praktik las, bimbingan karir, dan sikap mandiri terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 29 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan ganda. Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan positif dan signifikan antara prestasi belajar praktik las, bimbingan karir dan sikap mandiri terhadap minat berwirausaha baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama.
This study is aimed at determining the relation of learning achievement of welding practice, career guidance and self attitude on entrepreneurship interest of XI grade student of machining technique at SMK Muhammadiyah 1 Bantul. This descriptive research sample were 29 students. The data were taken using documentation and questionnaires. It is then analyzed using simple and multiple regression analysis. The result shows a positive and significant correlation between learning achievement of welding practice, career guidance and self attitude on entrepreneurship interest either individually or simultantly.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardiwicaksana. (2007). Pengaruh Belajar Praktek Las dan Sikap Mandiri Terhadap Minat Berwiraswasta Di Bidang Pengelasan Pada Siswa Kelas II Program Teknik Mesin Perkakas SMK Negeri 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2005/2006. Skripsi. tidak dipublikaasikan. Universitas Sebelas Maret.
Bappenas. (2015). Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. http:ll www.bappenas.go.id
Depdiknas. (2015) Sekolah Menengah Kejuruan.http:llwww.kemdikbud.go.id/main/search/smk
Hallen, A. (2002). Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Ciputat Pers.
Reza Agung Pribadi. (2014). Hubungan Antara Prestasi Belajar Praktik Las Busur Manual dan Bimbingan Karir Dengan Minat Berwirausaha Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Skripsi. tidak dipublikasikan. UNY
Sardiman. (2009). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sukardi. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v4i8.5605
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin