PENGEMBANGAN MODUL MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK DASAR KELAS X
M. Khotibul Umam Hs, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan modul yang tepat untuk mendukung proses pembelajaran mekanika teknik dan mengetahui kelayakan modul mekanika teknik yang telah dibuat. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan Four-D yang dimodifikasi. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Hasil penelitian ini: 1) modul pembelajaran mekanika teknik untuk kelas X Jurusan Teknik Pemesinan yang dikembangkan dengan menggunakan model Four-D yang dikembangkan menjadi 3-D yaitu, pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop); 2) tingkat kelayakan modul pembelajaran mekanika teknik tersebut dinilai oleh tiga ahli dan respon peserta didik, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran mekanika teknik kelas X layak untuk digunakan.
The aims of this research are to develop the appropriate learning module to support the learning process of mechanical engineering and to determine the feasibility of the learning module. This is a Research and Development (R&D) research which employ a modified Four-D development model. The object of this research was tenth grade students of Machining Program of Muhammadiyah 1 Vocational High School, Bantul. Data collecting techniques were through observation and questionnaire. The results of this research are: 1) engineering mechanics learning module has been developed by employing Four-D model that was modified into 3-D model incorporating define, design¸ and develop; 2) the feasibility of the learning module have been evaluated by three experts and also from student responses, and it can be concluded that the engineering mechanics learning module for tenth grade student is feasible.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Daryanto. (2013). Menyusun Modul Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar.Yogyakarta: Gava Media.
Djemari Mardapi. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press.
Fajar Adzanianto. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Mekanika Teknik dan Elemen Mesin Kelas X Teknik Pemesinan SMK. Diakses dari http://journal.student.uny.ac.id/jurnal/artikel/15138/89/1543 pada tanggal 25 Agustus 2016, Jam 3.30 WIB.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) (edisi ke 15). Bandung: Alfabeta, cv.
Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: PT Fajar Interpratama mandiri.
Yudhi Munadi. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi (GP Press Group).
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v4i7.5591
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin