PENGARUH MINAT DAN PENGETAHUAN PEMESINAN TERHADAP PRESTASI CNC KELAS XI SMK NEGERI 1 PURWOREJO
Nuchron -, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh minat belajar dan pengetahuan dasar pemesinan terhadap prestasi belajar CNC Dasar kelas XI SMK N 1 Purworejo. Penelitian adalah penelitian survei. Variabel penelitian adalah minat belajar (X1), pengetahuan dasar pemesinan (X2), dan prestasi belajar CNC Dasar (Y). Populasi adalah siswa kelas XI Teknik Pemesinan sebanyak 64 siswa dan sampel 56 siswa dengan menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian: minat belajar berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar CNC Dasar yang ditunjukkan dengan nilai r=0,106 dan nilai sig t=0,034<0,05, pengetahuan dasar pemesinan berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar CNC Dasar yang ditunjukkan dengan nilai r=0,670 dan nilai sig t=0,029<0,05, minat belajar dan pengetahuan dasar pemesinan secara bersama berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar CNC Dasar yang ditunjukkan dengan nilai RX1=0,104 dan RX2=0,367. Nilai sig t X1=0,031<0,05 dan sig t X2=0,26<0,05.
The study aims to determine the effect of interest and basic knowledge on machining to the academic achievement of CNC Basic subject of class XI students in SMK N 1 Purworejo. This research is a survey research. The variables are interest (X1), machining basic knowledge (X2) and academic achievement of CNC Basic subjects (Y). The research population is 63 students of class XI Machining program at SMK N 1 Purworejo and by random sampling techniques were chosen 56 students. Data were collected using questionnaires and documentation. Simple regression and multiple regression were used for data analysis. Results of this study are interest variable gave a significant and positive effect which is indicated by r value of 0.106 and sig t of 0.034 (less than0.05), basic knowledge of machining gave a significant and positive effect which is indicated by r value of 0.670 and sig t = 0.029 (less than 0.05), both interest and basic knowledge of machining together gave significant positive effect on student achievement of CNC Basic subject which is shown by RX1 and RX2 value of 0.104 and 0.367, respectively. The Sig t X1 value is 0.031 and sig t X2 value is 0.26 (both are less than 0.05).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Emrizal. (2007). CNC Bubut SMK Teknik dan Industri. Bogor: Yudhistira.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: rineka Cipta.
Soekidjo Notoatmodjo. (1993). Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku Kesehatan. Yogyakarta: Andi Offset.
Sugiyono. (2004). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta
Sumadi Suryabrata. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grafindo Perkasa Rajawali.
UU RI No. 20 tahun 2003: Sistem Pendidikan Nasional.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v4i6.5588
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin