PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SOFTWARE ADOBE FLASH PADA PEMBELAJARAN PENGUKURAN DASAR DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL
Edy Purnomo, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui mengetahui prestasi belajar siswa kelas eksperimen antara sebelum dan sesudah perlakuan pembelajaran menggunakan software adobe flash. eksperimen dengan desain pretest-posttest, non-equivalent control group design dengan sampel dua kelas dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Subyek penelitian ini adalah kelas XTP1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XTP2 sebagai kelompok kontrol. Data yang terkumpul melalui penelitian hasil pretest dan posttest dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis menunjukan terdapat peningkatan prestasi belajar siswa yang signifikan (t-hitung=19,13 > t-tabel=2,000), dan terdapat perbedaan prestasi belajar siswa yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok control (t-hitung=3,47 > t-tabel=2,000). Sehingga dapat disimpulkan penerapan media interaktif berbasis sofware adobe flash berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa.
The purpose of this study was to determine students’ academic achievement of the experimental class before and after treatment using Adobe Flash software. The experiment design is with pretest – post test of non-equivalent control group. The samples were two classes of SMK Muhammadiyah 1 Bantul. The research subjects were class X TP1 as experimental group, and class X TP2 as control group. The pretest and post test results were analyzed using t-test. Results of the analysis show that there is a signifcant increase in students’ academic achievement (tcount is 19.13, which is more than ttable of 2.000), and there is significant difference in student academic achievement between the experimental and the control group (tcount is 3.47, which is more than ttable of 2,000). It can be concluded that the application of adobe flash based interactive media have a significant effects on student academic achievement.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arif S. Sadiman. (1986). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Depdiknas. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. diakses pada tanggal 26 Maret 2015. http://www.usu.ac.id/sisdiknas.pdf.
John D. Latuheru. (1988). Media Pembelajaran dalam PBM Masa Kini. Jakarta: Depdikbud.
Nana Sudjana & A. Rivai. (1990). Media Pengajaran. Bandung: CV. Sinar Baru.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
________. (2015). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v4i6.5586
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin