KUALITAS SISWA DALAM KEMAMPUAN MEMAHAMI GAMBAR KERJA DI SMK N 2 DEPOK
Subiyono -, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas siswa dalam kemampuan memahami gambar kerja pada siswa kelas XII program keahlian teknik pemesinan di SMK Negeri 2 Depok Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan data menggunakan tes subjektif. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas dalam kemampuan pemahaman gambar kerja siswa kelas XII jurusan teknik pemesinan di SMK N 2 Depok dengan skor rata-rata sebesar 30,35 berada dalam kategori kualitas tinggi, dengan rincian: sebesar 67% siswa termasuk dalam kategori tinggi, 18% siswa termasuk dalam kategori cukup, 9% siswa termasuk dalam kategori sangat tinggi, dan 6% siswa termasuk dalam kategori rendah.
This study was aimed at describing students’ quality on mechanical drawings comprehension. Research subject was grade XII students majoring in Machining at SMK N 2 Depok. The research was population and descriptive study with a quantitative approach. Data were collected through an essay test. Data were analyzed using descriptive analysis. The result of the study showed that the quality of the XII grade studens to comprehend mechanical drawings have an average score of 30,35 which can be categorized in High Quality. The details are: 67% of the students are in the high quality category, 18% in the adequate quality category, 9% in the very high quality category, and 6% in the low quality category.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Besterfield, Dale H. (2003). Total Quality Management. New Jersey: Prentice Hall.
Eko Putro Widoyoko. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Emrizal M.Z. (2006). Membaca dan Memahami Gambar Teknik Mesin. Bandung: Yudistira.
Takeshi Sato dan Sugiarto Hartanto. (2005). Menggambar mesin Menurut Standar ISO. Jakarta: PT Pertja.
Zainal Arifin. (2104). Evaluasi Pembelajaran. Prinsip Teknik Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v4i6.5585
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin