KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK

Jerry Jem, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
M. Khotibul Umam Hs, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan serta efektivitas media pembelajaran interaktif dalam mata pelajaran mekanika teknik. Penelitian ini menggunakan desain quasi experiment dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi yang diambil adalah siswa kelas X Teknik Mesin SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara. Data dikumpulkan dari tes prestasi (pretest dan posttest), kuisioner dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji t. Hasil penelitian diketahui bahwa media pembelajaran interaktif yang digunakan pada penelitian ini mempunyai persentase kelayakan penggunaan sebesar 82,39% yang artinya media tersebut termasuk dalam media yang berkategori sangat layak, serta terdapat perbedaan efektivitas media pembelajaran interaktif dibandingkan media konvensional pada mata pelajaran mekanika teknik materi tegangan ditinjau dari hasil belajar siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara.

This study was aimed to determine the feasibility and effectiveness of interactive learning media in Engineering Mechanics subject. This study adapted a quasi-experiment design with nonequivalent control group design. The population was the 10th grade mechanical engineering students in SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara. The data were collected using tests (pretest and posttest), questionnaires, and interview. Data were analyzed using the descriptive analysis technique and t-test. The result of the study indicates that the feasibility of the interactive learning media used in this study is 82,39%, which was categorized as very good. There is  an effectiveness difference between the use of the interactive learning media and conventional media in Engineering Mechanics subject related to Stress learning material, which is based on the 10th grade students’ learning outcomes at SMK Muhammadyah 1 Klaten Utara.


Keywords


Media Pembelajaran Interaktif, Mekanika Teknik; Engineering mechanics subject, interactive learning media

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun

, tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta: Depdiknas.

Sigit Prasetya. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Elektronik Interaktif Pada Hasil Belajar Kesetimbangan Dalam Mata Diklat Kekuatan Bahan dan Komponen Mesin. Skripsi. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suharsimi Arikunto & Cepi Safrudin Abdul Jabar. (2010). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sutopo, Ariesto Hadi. (2012). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v4i6.5584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin