PENGARUH MINAT DAN PENGETAHUAN DASAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRAKTIK PENGELASAN SISWA SMK SE-GUNUNGKIDUL
Soeprapto Rachmad S, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat dan pengetahuan dasar pengelasan secara individu dan bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran praktik pengelasan siswa kelas XI SMK paket keahlian Teknik Mesin di Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto kausal komparatif (causal comparative research). Populasi secara keseluruhan sebanyak 63 siswa SMK dari 2 SMK yang ada di Kabupaten Gunungkidul, kemudian diambil sampel secara random sebanyak 54 siswa. Data dikumpulkan melalui angket dan dokumentasi. Pengujian validitas menggunakan rumus korelasi product moment dari Pearson. Pengujian reliabilitas menggunakan Alpha Chronbach. Hasil penelitian ini adalah: minat memiliki pengaruh positif dan signifikan sebesar 16,6% dan sumbangan efektif sebesar 1,3%; pengetahuan dasar pengelasan memiliki pengaruh positif dan signifikan sebesar 81,6% dan sumbangan efektif sebesar 80,4%; Minat dan Pengetahuan Dasar Pengelasan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan sebesar 21,2%.
The aim of this research is to identify the effect of interest and basic knowledge in welding, separately and together, on welding practices academic achievement of class XI SMK students majoring in Mechanical Engineering Skills. This research is an ex-post facto causal comperative research. The population is 63 SMK students of two SMK in Gunung Kidul Regency, and a random sampling resulted in 54 students. Data were collected through questionnaires and documentation. Validity was tested using the Pearson’s product moment correlation. Reliability was tested using Alpha Chronbach. The results of this study are: Interest has a positive and significant effect of 16.6% and 1.3% effective contribution; Basic knowledge has a positive and significant effect of 81.6% and 80.4% effective contribution; Interests and basic knowledge together have a positive and significant effect of 21.2%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agung Budi Wibawa. (2012). Hubungan Minat, Fasilitas dan Disiplin Belajar dengan Prestasi Belajar Reparasi Mesin Listrik Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Listrik SMK Negeri 1 Sedayu. Skripsi. UNY.
Arikunto Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v4i6.5581
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin