PENGEMBANGAN BUKU SAKU PROSES BUBUT SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 2 KLATEN

Sidiq Mucharom, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Sutopo -, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media buku saku proses bubut, sehingga dapat digunakan secara mandiri oleh siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE. Pada tahap development dan implementation, buku saku proses bubut dinilai kelayakannya oleh ahli materi, ahli media, guru mata pelajaran, dan siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini melalui wawancara dan angket. Hasil penelitian penilaian kelayakan buku saku proses bubut berdasarkan: ahli materi diperoleh rata-rata nilai 3,2 dengan kategori sangat layak, ahli media diperoleh rata-rata nilai 3,4 dengan kategori sangat layak, guru mata pelajaran diperoleh rata-rata nilai 3,8 dengan kategori sangat layak, siswa diperoleh rata-rata nilai 3,48 dengan kategori sangat layak. 

This research is aimed to develop a learning media in the form of a pocket book for turning processes, to be used by the students to learn independently. This research is a research and development (R&D) project adapted from ADDIE development model. In the development and implementation stage, the pocket book of turning processes is examined by experts on the material, experts on media, school teachers on relevant subjects, and the students.  Data were collected using interviews and questionnaires. The results are: experts on material gave an average score of 3,2 which conclude its very good quality, experts on media gave an average score of 3,4 which conclude its very good quality with, the teachers gave an average score of 3,8 which conclude its very good quality, and the students gave an average score of 3,48 which considered very good quality.


Keywords


Buku saku, media pembelajaran proses bubut, ADDIE; Pocket book, turning processes learning media, addie

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid. (2007). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Andi Setiawan. (2013). Pengembangan Buku Saku Matercam Mill V-9 untuk Pemrograman Mesin CNC Milling Pada Mata Pelajaran CNC Lanjut di SMK N 2 Depok. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Arief S Sadiman. (2011). Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Biro Hukum dan Departemen Pendidikan Nasional. (2008a). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 40 Tahun 2008 tentang Standar Sarana dan Prasarana Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/Madrasah Kejuruan (MAK). Jakarta.

Djemari Mardapi. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendekia.

Endang Mulyatiningsih. (2013). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Farchan Riyadi dan Jarwo Puspito. (2013). Pengembangan buku saku pada mata Pelajaran Gambar Teknik sebagai Media Pembelajaran SMK Teknik Pemesinan. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, Edisi 6, 1-7.

Hujair AH Sanaky. (2011). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Siregar, Eveline., & Nara Hartini. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v4i5.5096

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin