PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELISTRIKAN MESIN DAN KONVERSI ENERGI
Suyanto -, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media pembelajaran aplikasi android terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran KMKE di SMK N 2 Depok. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment (eksperimen semu) dengan bentuk desain nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan adalah seluruh populasi (dua kelas X Teknik Pemesinan, SMK N 2 Depok), satu kelas sebagai kelas eksperimen (32 siswa) kelas kontrol (29 siswa). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran aplikasi android memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar kepada siswa kelas X di SMK N 2 Depok.
The purpose of this research is to investigate the effects of android application learning media on the students’ learning outcomes in KMKE subject at SMK N 2 Depok. This research used quasi experimental design in the form of non-equivalent control group design. Sample being used in this research are all of the population of the two grade X classes of Machining Department. The result show that android application learning media have a positive effects on students' learning outcomes of the X grade students at SMK N 2 Depok.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arief S. Sadiman, dkk. (2012). Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Cecep Kustandi & Bambang Sutjipto. (2013). Media Pembelajaran; Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Creswell, John W. (2014). Research Design, Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Penerjemah Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugihartono, dkk. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v4i5.5094
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin