PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING PADA PRAKTIK KERJA BANGKU DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN
Suyanto -, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh model pembelajaran Problem Posing pada hasil belajar praktik kerja bangku siswa kelas X Keahlian Teknik Pemesinan di SMK Muhammadiyah Prambanan. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian posttest-only control group design. Pengamatan dilakukan pada kelompok eksperimen yang diberi materi dengan model pembelajaran Problem Posing dan kelompok kontrol dengan perlakuan model pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui dokumentasi dan tes, kemudian dianalisis menggunakan Uji-t. Hasil penelitian yaitu: hasil uji-t menunjukkan thitung ( 2,137) > ttabel (2,001), berarti terdapat perbedaan hasil belajar mata pelajaran praktik kerja bangku siswa yang menerapkan model pembelajaran konvensional dengan Problem Posing. Problem Posing memberikan hasil belajar praktik kerja bangku yang lebih baik pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah Prambanan, yaitu sebesar 9,09%.
The purpose of this reseach is to analyze the effect of the implementation of Problem Posing learning model on learning achievement in bench work practice of grade X students of Machining Program at Muhammadiyah Prambanan Vocational High School. The research use a quasi-experimental method with posttest-only control group design. Research was conducted on experimental group that were given the Problem Posing learning model; and were compared to the control group which used conventional learning model. Data were collected by means of documentation and test, and then were analyzed using t-test. The t-test result shows that tvalue (2,137) > ttable(2,001), which means that there is a difference in students learning achievements from the implementation of Problem Posing when compared to conventional learning model. Problem Posing gave a higher learning achievement in bench work practice, which is 9.09%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali Mahmudi (2008). Pembelajaran Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Makalah. Seminar Nasional. Yogyakarta: FMIPA UNY.
Lilik Puspitasari (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kampak Trenggalek Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Tidak Dipublikasikan. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.
Muhfida. (2010). Pendekatan Problem Posing. [Online]. Diakses dari http:// www.muhfida.com/ pendekatanproblemposing.html. Pada Tanggal 21 Februari 2015, Jam 16.20 WIB.
Nafisatuz Zahro (2010). Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Materi Sistem Hormon Kelas XI MA Muallimin Muallimat Rembang. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.
Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.
Sumantri. (1989). Teori Kerja Bangku. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
Syam (2005). Prestasi Belajar Fisika Pokok Bahasan Getaran dan Gelombang Melalui Pendekatan Problem Posing Berbasis Aktivitas di SMUN I Banjarmasin. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Universitas Lambung Mangkurat.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v4i4.5081
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin