PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI SMK N 2 WONOSARI

Heri Setiawan, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Sudiyatno -, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui bentuk, cara penerapan dan peningkatan aktivitas belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran Gambar Teknik yang diterapkan  pada  siswa  kelas  X LS  di  SMK  N  2 Wonosari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga siklus dan setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Data dikumpulkan dengan metode observasi. Analisis data yang digunakan adalah dengan cara membandingkan antara hasil observasi siklus I, siklus II dan siklus III dengan teknik deskriptif yang diterangkan dalam hasil rata-rata persentase aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran. Hasil rata-rata keseluruhan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran berdasarkan obervasi pada siklus I sebesar 53,5% (cukup), siklus II sebesar 66,2% (baik) dan siklus III sebesar 76,5% (baik). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik mengalami peningkatan dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada saat pembelajaran dikelas.

This research aims to discover the format, the implementation and enhancement of student’s learning activity using STAD type cooperative learning on technical drawing subject, which was implementated towards the students of class X at SMK N 2 Wonosari. This research is a classroom actions research. This research was conducted in three cycles, with two meetings in each cycle. The data were collected using observation. Data were analyzed by comparing the observation results in cycle I, cycle II, and cycle III, using descriptive techniques which was elaborated into percentage average results of students’ learning activity throughout the learning process. The total average results of students’ learning activity based on observations at cycle I is 53,5% (decent), at cycle II 66,2% (good), and at cycle III 76,5% (good). It can be concluded that the students’ learning activity on technical drawing subject is enhanced by the implementating of STAD type cooperative learning in the class learning process.


Keywords


Aktivitas belajar, kooperatif tipe STAD; Learning activity, cooperative, stad, technical drawing

Full Text:

PDF

References


Agus Suprijono. (2009). Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Oemar Hamalik. (2015). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Pardjono dkk. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Lembaga Penelitian UNY.

Sardiman. (1992). Interaksi dan Mtivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.

Saur Tampubolon. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga.

Slavin, R.E. (2005). Cooperative Learning: Theory, Research and Practice. Penerjemah Nurulita Yusron.Bandung: Nusa Media.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Zainal Arifin dkk. (2012). Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v4i4.5079

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin