PENGEMBANGAN MEDIA FLASH PADA MATA PELAJARAN LAS BUSUR MANUAL DI SMK N 1 PUNDONG BANTUL
Slamet Karyono, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Media flash untuk mata pelajaran las busur manual di SMK N 1 Pundong Bantul telah dikembangkan dengan program Adobe Flash CS5. Media dikembangkan dengan metode Research and Development (R&D) dengan responden ahli media, ahli materi, dan siswa kelas X Teknik Pengelasan SMK Negeri 1 Pundong. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif kemudian dikonversikan ke data kualitatif menggunakan skala Likert. Hasil penilaian kelayakan media pembelajaran oleh ahli media diperoleh skor rerata 4,00 termasuk kriteria baik, sedang ahli materi 1 dan 2 memberi rerata skor berturut-turut 4,45 dan 4,70 termasuk dalam kriteria sangat baik. Lebih jauh, dari pengujian terbatas diperoleh rerata skor 3,87 yang termasuk kriteria baik dan pengujian terbatas lapangan diperoleh rerata skor 3.87 dengan kriteria baik. Media flash yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran Las Busur Manual.
Flash media for manual arc welding subject at SMK N 1 Pundong Bantul has been developed using Adobe Flash CS5 program. The media was developed using Research and Development methods (R&D) with respondents of media expert, subject expert and students of X grade welding technique SMK N 1 Pundong. Data were collected using questionnaires and documentation. Data were analyzed quantitatively descriptive and then converted to qualitative data using a Likert scale. The mean score feasibility assessment results of instructional media by media experts was 4.00 that in good criteria, while subject experts 1st and 2nd gave a mean score of 4.45 and 4.70 respectively that are in very good criteria. Furthermore, restricted test gave a mean score of 3.87 which is in good criteria and restricted field test gave a mean score of 3.87 that is in good criteria. Developed flash media was good to be used in manual arc welding instructional process.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Rivai dan Nana Sujana. (2010). Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Andi Sunyoto. (2010). Adobe Flash + XML= Rich Multimedia Application. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Ariesto Hadi Sutopo. (2003). Multimedia Interaktif dengan Flash. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Arief S. Sadiman dkk. (2010). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Azhar Arsyad. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
M. Suyanto. (2007). Multimedia Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: AndiYogyakarta.
Oemar Hamalik. (1986). Media Pendidikan. Bandung: Penerbit Alumni. Society
Sukarjo. (2006). Evaluasi Pembelajaran/ Perkuliahan Bidang Studi. Diktat tidak diterbitkan, Program S2 TP Khusus, UNY.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v2i4.3394
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin