PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA PELAJARAN MEMBACA GAMBAR TEKNIK DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA
Zainur Rofiq, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Membaca Gambar Teknik dengan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning). Subjek pada penelitian tindakan kelas ini adalah 23 siswa kelas XI jurusan teknik pemesinan SMK PIRI 1 Yogyakarta. Data dikumpulkan dengan observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Data aktivitas siswa diperoleh melalui observasi sedang prestasi belajar diperoleh melalui tes hasil belajar. Data dianalisis untuk dibandingkan disetiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan aktivitas dan prestasi siswa. Prosentase peningkatan aktivitas dari siklus pertama, kedua dan ketiga berturut-turut adalah 60,87; 76,09 dan 86,41 %. Lebih jauh, peningkatan prestasi belajar terbukti dari peningkatan rata-rata nilai tes pada siklus pertama, kedua dan ketiga berturut-turut adalah 56,52; 63,04 dan 73,04.
This study goal was to increase activity and student achievement in the Engineering Drawing subjects using CTL (Contextual Teaching And Learning) learning model. The subjects of this class action research were 23 students of XI grade of mechanical engineering department SMK 1 PIRI Yogyakarta. Data were collected using observation, achievement test, and documentation. Students activities data were obtained by observations, while learning achievement gained through test. Data then were analyzed to be compared in every end of the cycle. The research result shows that there was an increase in activities and student achievement. Activity percentage increased on first, second and third cycle was 60.87, 76.09 and 86.41% respectively. Furthermore, academic achievement increase proved by increase on the test average result of first, second and third cycle was 56.52, 63.04 and 73.04 respectively.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anas Sudijono. (2006). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Johson, E.B. (2007). CTL Contextual Teaching & Learning Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Kaifa
Muslich, Masnur. (2007). KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara
Nana Sudjana. (2010). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru Algensindo.
Nurul Hidayah. (2009). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) Pada Siswa Kelas IV SD N Madyopuro 1 Malang. Skripsi, tidak dipublikasikan Malang: Fakultas Tarbiyah UIM Maulana Malik Ibrahim Malang.
Sukardi. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara
Ratih Irawati. (2007). Penerapan Pendekatan CTL (Contextual Teaching & Learning) Untuk Meningkatkan Aktivitas & Hasil Belajar Pokok Bahasan Koloid Siswa Kelas XI SMA N 1 Kendal. Skripsi, tidak dipublikasikan Semarang: Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Semarang.
Wina Sanjaya. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Penerbit Kencana.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v2i4.3391
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin