HUBUNGAN PRESTASI PRAKTIK INDUSTRI DAN PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN DENGAN MINAT BERWIRAUSAHA

Susi Ariani S., Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Heri Wibowo, Pendidikan Teknik Mesin F UNY, Indonesia

Abstract


Hubungan prestasi praktik industri dan prestasi belajar kewirausahaan dengan minat berwirausaha telah diteliti. Sampel penelitian ex-postfacto ini adalah siswa kelas XII Teknik Pemesinan 2 di SMKN 2 Pengasih tahun ajaran 2013/2014. Data dikumpulkan menggunakan metode dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) prestasi praktik industri berhubungan positif dan signifikan dengan minat berwirausaha yang ditunjukkan oleh koefisien korelasi r sebesar 0,995, nilai rhitung lebih besar daripada nilai rtabel (0,995 > 0,349); (2) Prestasi belajar kewirausahaan berhubungan positif dan signifikan dengan minat berwirausaha yang ditunjukkan oleh koefisien korelasi R sebesar 0,994, nilai rhitung lebih besar daripada nilai rtabel (0,994 > 0,349); (3) Prestasi praktik industri dan belajar kewirausahaan secara bersama-sama berhubungan positif dan signifikan dengan minat berwirausaha yang ditunjukkan ganda F sebesar 4,13, nilai Fhitung lebih besar daripada nilai Ftabel (4,13 > 3,33). Minat berwirausaha siswa berhubungan dengan faktor eksternal, misalnya faktor lingkungan, keluarga, tempat tinggal dan modal usaha.

Correlations of industrial practice and entrepreneurship learning achievement on entrepreneurship interest has been investigated. Data were collected by documentation and questionnaires method and then analyzed by product moment and multiple correlation. The result shows that: (1) Industrial practice achievement positively and significantly correlated on entrepreneurship interest that was proven by rcount is higher than rtable (0.995>0.349); (2) Entrepreneurship learning positively and significantly correlated on entrepreneurship interest that was proven by rcount is higher than rtable (0.994>0.349); (3) industrial practice and entrepreneurship learning achievement positively and significantly correlated on entrepreneurship interest that was proven by Fcount is higher than Ftable (4.13>3.33). The students entrepreneurship interest correlated with external factors such as family, neighbourhood and business capital.


Keywords


Praktik industri, Kewirausahaan, Minat Berwirausaha; Industrial practices, Entrepreneurship, Entrepreneurship

Full Text:

PDF

References


------ . (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdikbud.

Marestya Devi Kristanto. (2007). Hubungan Prestasi Praktik Industri Dan Prestasi Belajar Kewirausahaan Dengan Motivasi Berwirausaha Siswa Kelas XII Program Keahlian Otomotif SMK Muhammadiyah Kepanjen Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Malang.

M. Ngalim Purwanto, (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Eka Dharma (2002). Korelasi antara Aspek Internal Dengan Minat Berwiraswasta Siswa SMK Negeri 26 Pembangunan Rawamangun Jakarta. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Haryo Guntoro (2007). Hubungan Prestasi Praktik Kerja Industri Terhadap Minat Berwirausaha Siswa kelas II Teknik Otomotif SMK Yapin Bekasi Tahun Ajaran 2006/2007. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Semarang.

H. M. Musfiqon (2012). Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Zaenal Arifin. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan: Filosofi, Teori dan Aplikasinya. Surabaya: Lentera Cendikia.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v2i4.3389

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin