PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN CNC DASAR TU 3A UNTUK SMK KELAS XI

Imron Arbani, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Faham -, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia

Abstract


Modul CNC TU 3A untuk media belajar pada SMK kelas XI telah dikembangkan dengan metode Research and Development (R&D). Modul diujicoba pada 32 siswa SMK Negeri 2 Depok Jurusan Teknik Pemesinan Kelas TP B. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa berdasarkan penilaian ahli materi, guru dan siswa, modul layak digunakan dengan nilai rata-rata berturut turut 4,00; 4,05 dan 4,03. Lebih jauh, berdasar penilaian ahli media modul dikategorikan sangat layak dengan nilai rata-rata 4,24. Bagaimanapun, berdasarkan analisis peningkatan hasil belajar siswa, modul pada kategori sedang dengan nilai gain 0,50.

CNC TU 3A module for learning media on grade XI vocational school was developed using Research and Development method. The module was tested on 32 students of TP B class of Mechanical Engineering Department at SMK Negeri 2 Depok. The development result shows that based on the judgment of expert assessment of the material, CNC teachers and students, the module was feasible to be used with mean score respectively 4,00; 4,05 and 4,03. Furthermore, based on the judgement of media expert, the module was very proper to be used with mean score of 4,24.  However, based on the student learning result analysis, the module was on middle category with gain score of 0,50.


Keywords


Pengembangan, Modul, Pembelajaran, CNC TU 3A, SMK; Development, Module, Learning, CNC TU 3A, Vocational school

Full Text:

PDF

References


B. Sentot Wijanarka. (2012). Pengembangan Modul dan Pembelajaran Kompetensi Kejuruan Teknik Pemesinan CNC SMK. Desertasi, tidak dipublikasikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

Eko Putro Widoyoko. (2009). Evaluasi Program Pembeljaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hake, Richard. (2012). Analyzing Change/Gain Scores. Diakses tanggal 25 Januari 2014 dari http://www.physics.indiana.edu/~sdi/ AnalyzingChange-Gain.pdf.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta,CV.

Surya Dharma. (2008). Penulisan Modul. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v2i3.3378

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin