MINAT SISWA SMP MASUK SMK PROGRAM STUDI KEAHLIAN TEKNIK MESIN

Rahmad Nur Hidayat, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Dwi Rahdiyanta, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan faktor internal dan eksternal siswa dengan minat masuk SMK. Penelitian ini menggunakan pendekatan ex post facto. Populasi penelitian adalah siswa kelas X Program Studi Keahlian Teknik Mesin SMK N 2 Pengasih. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 siswa ditentukan dengan proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan faktor internal dan faktor eksternal siswa dengan minat masuk SMK.  Hal ini berarti semakin tinggi faktor internal dan faktor eksternal siswa, maka semakin tinggi minat masuk  SMK.

This research aimed to know the relationship between students’ internal-external factors and the interest to join in Vocational High School. This research is the ex post facto approach. The population was class X students of Mechanical Engineering Department, Vocational High School 2 Pengasih. The sample consisted of 96 students which determined by proportional random sampling. Data collection method used documentation and questionnaires. Data was analyzed using multiple correlation technique. The result shows that students’ internal and external factors have a positive and significant relationship with the interest to join vocational high school. It means the higher internal and external factors, the higher student’s interest to join vocational high school.


Keywords


faktor internal dan eksternal, minat masuk SMK, teknik mesin; internal and external factors, interest to join vocational high school, mechanical engineering

Full Text:

PDF

References


Majid. (2012). Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Minat Siswa SMP Masuk SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi 2 (3), 284-292.

Chaplin, J.P. (2006). Dictionary of Psychology (Kamus lengkap Psikologi). (Terjemahan Kartini Kartono. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Hamzah B. Uno. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Lantip D.P dan Riyanto. (2011). Teknologi informasi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.

Lampiran Permendiknas No.22 Tahun 2006 tentang Standar Isi.

Listyo Budiarto. (2012). Faktor-faktor yang Berpengaruh terhadap Minat Siswa SMP di Kecamatan Jetis Kabupaten Bantul untuk Melanjutkan ke SMK. Skripsi, tidak dipublikasikan. UNY

Santrock, Jhon W. (2007). Child Development (Perkembangan Anak) Edisi kesebelas Jilid 2. (Terjemahan Mila Rachmawati dan Anna Kuswanti). Jakarta: Erlangga.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi aksara

Syamsu Y. dan Juntika N. (2006). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Trumper, Ricardo. (2006). Factors Affecting Junior High School Students’ Interest in Physics. Journal of Science Education and Technology 15 (1), 47-58.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v2i3.3377

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin