HUBUNGAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN MINAT MEMBACA SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK MESIN DI SMK NEGERI 1 SEDAYU

Tri Nur Diati, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Tiwan -, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah dan minat baca terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Teknik Mesin SMK Sedayu Bantul. Penelitian expost facto ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Teknik Pemesinan yang terdiri dari 2 (dua) kelas, yaitu kelas XI TPA dan kelas XI TPB. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Pengujian prasyarat analisis pada penelitian ini meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Analisis deskriptif diterapkan untuk mengetahui gambaran variabel dan korelasi untuk menguji hipotesis. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung lebih besar dari t tabel (6,642>2,000) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05. Sumbangan efektif untuk pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar sebesar 29,4%. (2) Terdapat  pengaruh positif dan signifikan antara minat membaca terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari nilai thitung lebih besar dari ttabel (7,630>2,000) dan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,05. Sumbangan efektif dari minat membaca terhadap prestasi belajar sebesar 37,3%. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dan minat membaca terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari nilai Fhitung sebesar 60,238 lebih besar dari Ftabel (60,238 <3,15) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05. Sumbangan efektif dari kedua variabel tersebut sebesar 66,8%.

This research aims at finding the effect of library use and reading interest on learning achievement of Mechanical Engineering XI grade students at SMK Negeri Sedayu Bantuk. This ex post facto research was using quantitative descriptive analisys. Subject of this research were XI grade mechanical engineering students consist of 2 class, those are XI TPA and XI TPB. Questionnaire was used to collecting data. Normality and linearity test were used as the requirements analysis test. Descriptive analysis was implemented to describe variables and correlation to verify the hypothesis. The results indicate that: (1) there is positive effect and significant correlation between libraries’ utilization on student learning achievement. This is proven by the value of t count is more than t table (6,642>2,000) and the significance value of 0.000, which is less than 0.05. Effective contribution to the use of libraries on learning achievement is 29,4%. (2) There is positive effect and significant correlation between reading interest on student learning achievement. This is proven by the value of t count is more than t table (7,630>2,000) and the significance value of 0.000, which is less than 0.05. Effective contribution to the use of libraries on learning achievement is 37,3%. (3) There is positive effect and significant correlation between libraries’ utilization and reading interest on student learning achievement. This is proven by F count is bigger than F table (60,238 <3,15) and the significant count is 0,000 which means less than 0,05. Effective contribution from those variables is 66,8%.


Keywords


Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah, Minat Membaca, Prestasi Belajar; Library’s Utilization, Reading Interests, Learning Achievement

Full Text:

PDF

References


Nur Muhammad.2008. Pengaruh Pemanfatan Perpustakaan Sekolah dan Minat Baca Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS di SMAN 02 Batu.Skripsi:UIN Malang

Purwanto.2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Sukardi.2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta. Bumi Aksara

Sugihartono,dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta. UNY Press

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendeketan Praktek. rev.ed.Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sutrisno Hadi.1983. Analisis Regresi Berganda. Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi. UGM. Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v2i1.3362

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin