PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOLABORATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MEMBACA GAMBAR TEKNIK SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN
Zainur Rofiq, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Membaca Gambar Teknik. Jenis penelitian adalah eksperimen semu. Sampel penelitian adalah kelas XI TPA sebagai kelas eksperimen menggunakan strategi pembelajaran kolaboratif dan kelas XI TPB sebagai kelas kontrol menggunakan strategi pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan: a) dokumentasi dan b) tes. Instrumen penelitian berupa kisi-kisi soal dan tes butir soal. Analisis data menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan hasil belajar. Hasil belajar kelas eksperimen memperoleh mean 82,74, modus 86,67, median 83,33. Nilai tertinggi 90, dan nilai terendahnya 70. Hasil belajar kelas kontrol memperoleh mean 75,07, modus 76,67, median 73,33. Nilai tertinggi 86,67, dan nilai terendahnya 60. Analisis uji-t menghasilkan thitung>ttabel (6,67 > 2,01). Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan pada hasil belajar siswa yang diberi perlakuan strategi pembelajaran kolaboratif dengan siswa yang diberi perlakuan strategi pembelajaran konvensional.
The purpose of the research was to increased learning outcomes on Reading Engineering Drawing subjects. The research is a quasi experimental type. Subjects of the research are XI TPA as an experimental class using collaborative learning strategies, and XI TPB as a control class are using a conventional learning strategies. The collecting data technique was did by: (a) documentation and (b) test. The instrument of research were questions lattices and questions test. Data werw analysis using t-test to determine the learning outcomes differences. The experimental class has obtained mean 82,74, modus 86.67, median 83,33. The highest score was 90 and 70 as a lowest. The control class has obtained mean 75,07, modus 76,67, median 73,33. The highest score was 86,67 and 60 as a lowest. The results of t-test has obtained thitung > ttabel (6,67 > 2,01). It shows that there is a differences on student learning outcomes that treat using collaborative learning strategies against students learning outcomes that treat using conventional learning strategies.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dwi Johartono. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Untuk Meningkatkan Kualitas Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Ma’arif Jogosari Pandaan Pasuruan. Abstrak Skripsi. Malang: Universitas Negeri Malang. Diakses tanggal 25 Februari 2013 dari: http://library.um.ac.id/ptk/index.php?mod=detail&id=48624,
Rusmin Husain. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Kolaboratif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Warga Belajar Paket C Studi di SKB Kota Gorontalo. Abstrak Disertasi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Diakses tanggal 25 Februari 2013 dari: http://www.scribd.com/doc/94619147/pengembangan-model-pembelajaran-kolaboratif-dalam-meningkatkan-hasil-belajar-warga-belajar-paket-C-studi-di-SKB-kota-gorontalo,.
Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v2i1.3358
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin