PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGETAHUAN DASAR TEKNIK MESIN SMKN 2 KEBUMEN

Anshori Febriyanto, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Edy Purnomo, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan penerapan model pembelajaran tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran Pengetahuan Dasar Teknik Mesin kelas X TP 4 SMK N 2 Kebumen, dan untuk mengetahui motivasi dan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran Pengetahuan Dasar Teknik Mesin kelas X TP 4 SMK N 2 Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus yang setiap siklusnya menggunakan langkah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Jumlah siswa yang menjadi subjek penelitian ada 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Peningkatan motivasi terlihat dari menurunnya jumlah siswa yang berada pada kategori rendah dan sangat rendah pada setiap indikator motivasinya. Peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pengetahuan Dasar Teknik Mesin dapat dilihat pada hasil rata-rata posstest siklus I sebesar 6,67 dan telah mengalami peningkatan pada hasil nilai rata-rata posstest siklus II sebesar 7,70 dengan besar effect size 2,59 yang termasuk dalam kriteria efek sangat tinggi.

This study aims at determining the learning model application of Numbered Heads Together (NHT) type on Basic Knowledge of Mechanical Engineering subject on  X TP 4 class SMK N 2 Kebumen, and finding the motivation and learning outcomes of students with learning model types Numbered Heads Together (NHT) Basic Knowledge of Mechanical Engineering subject  of  X TP 4 class SMK N 2 Kebumen. This research is a class action research. This study was conducted in two cycles, which  each cycle using the steps of planning, action , observation and reflection . The research subjects consist of  32 students . The results showed that the learning model Numbered Heads Together (NHT) was able to increase students’ motivation and learning outcomes. Increasing motivation could be seen from the declining number of students who are at low and very low categories for each motivation indicator . The increase of  students’ learning outcomes in on  Basic Knowledge of Mechanical Engineering subject can be seen in the average value at first cycle post test of 6,67 and has increased to the average value of the second cycle post test of 7,70, with a very high effect size of 2,59.


Keywords


Numbered Heads Together, motivasi, hasil belajar, pengetahuan dasar teknik mesin; Numbered Heads Together , motivation, learning outcomes, mechanical engineering basic knowledge

Full Text:

PDF

References


Arends, Richard I. (2008). Learning to Teach (Belajar Untuk Mengajar). Penerjemah: Helly Prajitno Soetjipto & Sri Mulyantini Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Coe, Robert. (2000). What is an ‘Effect Size’?. Diakses tanggal 04 Mei 2012 dari http://www.ncddr.org/pd/workshops/0712 05sr2/9.1 _Coe_2000_ 120507.doc

Djemari Mardapi. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendekia Press.

E. Mulyasa. (2009). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hamzah B. Uno. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sanjaya. (2012).Pengertian Hasil Belajar. Diakses tanggal 03 Mei 2012, Jam 11.56 WIB dari http://ppg-pgsd.blogspot.com/2012/04/pengertian-hasil-belajar.html.

Suharsimi Arikunto, dkk. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Syaiful Bahri Djamarah. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v2i1.3355

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin