PENGARUH PRAKTIK KERJA LAPANGAN TERHADAP NILAI UJI KOMPETENSI KEJURUAN SISWA TEKNIK PEMESINAN SMK N 2 DEPOK

Ashari Erdianto, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Tiwan -, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui pengaruh jenis instansi tempat siswa melaksanakan praktik kerja lapangan terhadap nilai uji kompetensi kejuruan, pengaruh jenis pekerjaan saat siswa melaksanakan praktik kerja lapangan terhadap nilai uji kompetensi kejuruan, pengaruh praktik kerja lapangan terhadap nilai uji kompetensi kejuruan, dan mengetahui sumbangan efektif pengaruh praktik kerja lapangan terhadap nilai uji kompetensi kejuruan. Penelitian ini merupakan penelitian ex postfacto dengan menggunakan sam pel 40 siswa tingkat 4 SMKN 2 Depok. Data dikumpulkan dengan kuesioner. Analisis data dengan analisis deskriptif, korelasi dan regresi. Hasil penelitian: diketahui terdapat hubungan positif dan signifikan antara praktik kerja lapangan terhadap nilai uji kompetensi kejuruan, terdapat hubungan positif dan signifikan antara jenis instansi tempat praktik kerja lapangan terhadap nilai uji kompetensi kejuruan, terdapat hubungan positif dan signifikan antara jenis pekerjaan saat praktik kerja lapangan terhadap nilai uji kompetensi kejuruan,diketahui sumbangan efektif yang diberikan variabel praktik kerja lapangan terhadap nilai uji kompetensi kejuruan siswa sebesar 16,90 %.

The purposes of the research are to study the effect of: 1) industry type for on the job training; 2) students’ job description during on the job training; 3) on the job training; on students’ vocational competency test scores. Other purpose is to determine the effective contribution of the effect of students’ on the job training on their vocational competency test scores. The research was an ex post facto research using samples of 40 students in their 4th year at SMKN 2 Depok. Data were collected by means of questionnaire. Data were analyzed by descriptive, correlation and regression analysis. The results show that there is a positive and significant effect of industry type, students’ job description and on the job training itself; on students’ vocational competence test. The effective contribution of the on the job training variable on students’ vocational competency test scores is 16,90 %.

 


Keywords


Praktik kerja lapangan, pkl, nilai, uji kompetensi kejuruan; On the job training, ojt, vocational competency test

Full Text:

PDF

References


Darul Ridwan. (2012). Pengaruh Informasi Dunia Kerja, Pengalaman Siswa Dalam PSG, Dan Motivasi Berprestasi Mata Pelajaran Kejuruan Terhadap Kesiapan Mental Kerja Siswa Kelas XII Jurusan Bangunan SMK Negeri 5 Surabaya. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Hana Stevani. (2013). Pengaruh Praktik Kerja Industri, Pengalaman Pelaihan, Dan Kecakapan Vokasional Terhadap Kompetensi Siswa Kelas XII Pada Kelompok Mata Pelajaran Produktif Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik Di SMK Sedayu Bantul. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 323/U/1997 (Seri Pendidikan Nasional, 1999:256), tentang pendidikan sistem ganda

Pemerintahan Republik Indonesia. (2014). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 144 Tahun 2014 tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik dari Satuan Pendidikan dan Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah/Pendidikan Kesetaraan dan Ujian Nasional

Sugiyono. (2010). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2012). Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i9.3353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin