HUBUNGAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI DENGAN MINAT SISWA BERWIRAUSAHA
Nurdjito -, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengalaman praktik kerja industri dengan minat berwirausaha siswa kelas XII program keahlian teknik pemesinan SMK Muhammadiyah Prambanan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian 158 siswa teknik pengambilan sampel sebanyak 112 siswa dengan menggunakan perhitungan rumus Isaac dan Michael dengan taraf signifikansi 5%. Variabel dalam penelitian ini adalah pengalaman praktik kerja industri (X) dan minat berwirausaha (Y). Metode pengumpulan data dengan koesioner atau angket. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi Product moment. Hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan positif dan signifikan antara pengalaman praktik kerja industri dengan minat siswa dalam berwirausaha dengan koefisien korelasi Rxy sebesar 0,424 dengan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,179 pada taraf signifikansi α=0,05.
The purpose of this research is to determine the relation between industrial work experience and student’s interest in entrepreneurship on class XII students of machining program at SMK Muhammadiyah Prambanan. This research used a quantitative methods with correlational approach. The population is 158 students. A sample of 112 students was determined by using a formula of Isaac and Michael with a significance level of 5%. The variables in this research are the experience of industrial work practices (X) and interest in entrepreneurship (Y). Data were collected by means of questionnaire. Data were analyzed using product moment correlation analysis. Results show that there is a positive and significant correlation between industrial work practices experience with student’s interest in entrepreneurship, proven by a correlation coefficient Rxy of 0.424, and a coefficient of determination (r2) of 0.179, at significance level α of 0.05.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Buchari Alma. (2013). Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.
Djaali. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Imam Ghozali. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Nolker Helmut dan Schoenfeldt Eberhard. (1983). Pendidikan Kejuruan. (alih bahasa: Agus Setiadi). Jakarta: PT. Gramedia.
Rina Hidayantika. (2014). Hubungan Pengalaman Praktik Kerja Industri Terhadap Minat berwirausaha SMK Negeri 6 Semarang:. Journal Of Beauty Health Education. 3 (I). Hlm.1.
Rizali Ritonga. (2013). Lulusan SMK Dominasi Pengangguran. diakses dari http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/makro/13/11/06/mvtxnt-lulusan-smk-dominasi-pengangguran. Diakses pada 25 Januari 2015.
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. (2012). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Yuyus Suryana dan Kartib Bayu. (2010). Kewirausahaan Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses. Jakarta: Prenada Media Group.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i9.3352
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin