PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLASH PADA MATA PELAJARAN KELISTRIKAN MESIN DAN KONVERSI ENERGI

Wisnu Hanuji, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Wahidin Abbas, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia

Abstract


Proses pembelajaran akan lebih menarik jika menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran memudahkan guru dalam menerangkan materi serta memudahkan siswa dalam memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui langkah pengembangan media pembelajaran berbasis flash pada mata pelajaran Kelistrikan Mesin dan Konversi Energi di SMK Muhammadiyah Prambanan, 2) Mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis flash yang dikembangkan berdasarkan tinjauan dosen ahli, penilaian guru dan tanggapan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research & development). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Langkah pengembangan media pembelajaran berbasis flash pada mata pelajaran Kelistrikan Mesin dan Konversi Energi melalui 10 tahapan 2) Media yang layak digunakan dengan rincian penilaian dari ahli materi memperoleh rerata skor 3,55 (sangat baik), ahli media memperoleh rerata skor 3,59 (sangat baik), uji coba skala kecil 3,55 (sangat baik) dan uji coba skala besar memperoleh skor 3,09 (baik).

Learning process will be more interesting with the use of instructional media. Learning media allows teachers to explain the material and help students understand. This research aims to: 1) Knowing step development of learning media flash based on Machine Electricity and Energy Conversion at SMK Muhammadiyah Prambanan, 2 ) find out worthiness flash media -based learning are developed based on the faculty of expert. This research is a research and development (R&D). The research method used is descriptive quantitative. The results of this research revealed are: 1) Step development of flash -based instructional media on subjects Machine Electricity and Energy Conversion through 10 stages 2 ) Media are fit for use with the details of the assessment matter experts gained mean score 3.55, media experts gained mean score 3.59, small-scale trials of 3.55 and a large-scale trial gained  score 3.09.


Keywords


Media, flash, kelistrikan mesin dan konversi energi, kelayakan; Media, flash, electrical engineering and energy conversion, worthiness

Full Text:

PDF

References


Arief S. Sadiman, dkk. (2009). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Borg, Walter R & Meredith Damien Gall. 1983. Educational Research An Intruction. Fourth edition. New York:Longman.

Deni Darmawan. (2012). Inovasi Pendidikan: Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

H. Rayandra Asyhar. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

S. Eko Putro Widoyoko. (2014). Penilaian Hasil Pembelajaran Di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tri Anjaya (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Pneumatik dan Hidrolik Berbasis Adobe Flash CS3 Professional Program Studi Diploma 3 Teknik Otomotif Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi, tidak dipublikasikan. Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif. Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i8.3340

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin