PENGEMBANGAN DIKTAT LAS SMAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA
Riswan Dwi Djatmiko, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui bentuk produk Diktat Las SMAW; (2) mengetahui proses pembuatan diktat sebagai bahan ajar pembelajaran pekerjaan pengelasan; dan (3) mengetahui kelayakan produk diktat. Metode penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan soal test. Teknik analisis data dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dalam bentuk distribusi skor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) diktat berupa buku full colour terdiri dari 79 halaman dan disusun menurut silabus dan kurikulum 2013; (2) prosedur pengembangan dilakukan 7 tahapan, yaitu identifikasi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi ahli materi dan ahli media, revisi produk, uji coba, dan produk akhir; (3) pengujian kelayakan diktat ditentukan oleh: validasi ahli materi, validasi ahli media, dan uji coba pada 32 siswa kelas X TP3 SMK N 3 Yogyakarta . Berdasarkan penilaian, Diktat Las SMAW sudah layak digunakan dalam pembelajaran pengelasan siswa kelas X Jurusan Teknik Pemesinan dengan mendapat rerata skor 4,3 atau berada pada klasifikasi “Sangat Baik”.
The purposes of this research are: (1) to determine the form of the SMAW textbook; (2) to understand the development processes of textbook as a teaching material for welding practices; (3) to determine the suitability of the textbook. The research method is research and development. Data were collected using questionnaire and tests and subsequently were analyzed using quantitative-descriptive technique, in the form of score distribution. The result conclude that: (1) the textbook is a full-colored 78 pages book and were developed to be compatible to the 2013 curriculum; (2) the development process comprises of seven stages: problem identification, data collection, product design, validation by material expert and media expert, product revision, testing, and finalizing the product; (3) The suitability of the textbook is determined by validation from the material and media experts and test on 32 students of class X machining department at SMKN 3 Yogyakarta . The textbook is considered suitable to be used in welding practices subject, which were defined by an average score of 4.3 (“very good”).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andi Prastowo. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Azhar Arsyad. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Eko Agus Prasetiyo. (2011). Pengembangan Diktat Las OAW Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMK Piri Sleman Yogyakarta. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Ngalim Purwanto, (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Poerwadarminta. W. J. S. (2002). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Purwanto dan Ida Melati Sadjati. (2004). Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekataan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutratinah Tirtonegoro. (2001). Penelitian Hasil Belajar Mengajar. Surabaya: Usaha Nasional.
S. Nasution. (2007). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i8.3333
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin