PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE DISKUSI PADA MATA PELAJARAN COMPUTER AIDED DRAWING DI SMKN 2 DEPOK YOGYAKARTA

Ficky Fristiar, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Riswan Dwi Djatmiko, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan prestasi belajar siswa melalui metode diskusi pada mata pelajaran CAD siswa kelas XI Teknik Pemesinan SMKN 2 Depok, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Penelitian ini diterapkan di SMK Negeri 2 Depok, Jurusan Teknik Pemesinan Kelas XI TPA sebagai kelompok kontrol sejumlah 23 siswa dari 30 siswa dan TPB sebagai kelompok eksperimen sejumlah 22 siswa dari 30 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan; (1) lembar observasi penelitian unjuk kerja, (2) lembar penilaian tes akurasi hasil kerja. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada peningkatan prestasi belajar setelah mendapatkan perlakuan menggunakan metode diskusi pada kelompok yang bersangkutan. Berdasarkan data hasil penelitian didapatkan bahwa; (1) Nilai rerata pre-test kelompok kontrol 62,48 dan kelompok eksperimen 53,05; (2) Nilai rerata post-test kelompok kontrol 71,91 dan kelompok eksperimen 80,59; (3) Peningkatan prestasi belajar kelompok kontrol sebesar (9,43%), sedangkan peningkatan prestasi belajar kelompok eksperimen sebesar 27,54%; (4) Selisih perbedaan hasil prestasi belajar kelas XI Teknik Pemesinan SMKN 2 Depok, Yogyakarta sebesar 18,11%.

The aim of this research was to determine the improvement of students’ learning achievement through discussion methods on the CAD subject of class XI students in Machining Department of SMKN 2 Depok, Yogyakarta. The research methods was quasi-experimental. The research population are the 23 students (out of 30) of TPA as the control group; and 22 students (out of 30) of TPB as the experimental group. Data were obtained by means of: (1) observation sheets of performance assessment, and (2) Assessment sheet of accuracy test of the students’ work results. Results show that there is an improvement of the student’s learning achievement after treated with the discussion method. The data analysis reveal: (1) the average pre-test result of the control group is 62.48 and the experimental group is 53.05; (2) The average post-test result of the control group is 71.91 and the experimental group is 80.5; (3) the improvement of learning achievement of the control group is 9.43%, while the the experimental group is 27.54%; (4) The difference of learning achievement improvement of class XI Machining Department of SMKN 2 Depok Yogyakarta is 18.11%.


Keywords


Peningkatan, job sheet, metode diskusi, praktik CAD; Improvement, discussion method, CAD, quasi-experimental

Full Text:

PDF

References


Oemar Hamalik (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Sato, G. Takeshi & Sugiarto (1986). Menggambar Mesin Menurut Standar ISO. Jakarta: PT. Pradnya Paramita

Sukardi. (2011). Metodelogi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Yamin, H. Martinis & Maisah (2009). Manajemen Pembelajaran Kelompok (Strategi Meningkatkan Mutu Pembelajaran). Jakarta: Gaung Persada Press




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i7.3328

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin