PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK JURUSAN TEKNIK FABRIKASI LOGAM DI SMK N 1 SEYEGAN
Pardjono -, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran pada Mata Pelajaran Gambar Teknik di SMK N 1 Seyegan. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus. Subyek untuk meneliti fasilitas pembelajaran adalah siswa dan kelas. subyek untuk penelitian proses pembelajaran adalah guru Gambar Teknik. Pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) fasilitas pembelajaran siswa pada Mata Pelajaran Gambar Teknik berada dalam kategori cukup baik, sedangkan fasilitas pembelajaran dikelas pada kelas X TFL1 dan TFL2 berada dalam kategori baik; (2) metode yang digunakan oleh guru Gambar Teknik menggunakan metode ceramah dan metode pemberian tugas, sedangkan pendekatan pembelajaran yang diterapkan menggunakan pendekatan yang berorientasi pada kompetensi (pendekatan kurikulum) dan pendekatan keterampilan proses; (3) media yang digunakan oleh guru Gambar Teknik menggunakan papan tulis/whiteboard, sedangkan sumber belajar yang digunakan oleh guru Gambar Teknik menggunakan buku Gambar Teknik dan handout; dan (4) teknik evaluasi yang digunakan oleh guru Gambar Teknik dalam mengevaluasi pekerjaan siswa menggunakan teknik tes.
This study aims to describe the implementation of Engineering Drawing subject learning at SMKN 1 Seyegan. This is a case study research. The subjects to examine the learning facilities are students and classroom. The subjects to examine the learning process is the Engineering Drawing teacher. Data were collected by means of observations and documentation. Results of the study are as follows: (1) The learning facilities for students in regards to Engineering Drawing subject are sufficient, with an exception that those in Class X of MFE 1 and MFE 2 are considered in the good category. (2) The methods implemented by the Engineering Drawing teacher were the classical lecturing and assignments methods, while the learning approaches are the competency-oriented approach (curriculum approach) and the process skills approach. (3) The learning media used by the teacher includes a blackboard/whiteboard; while the learning resources include books of Engineering Drawing and handouts. (4) The evaluation technique used by the teacher to evaluate students’ assignments is the test technique.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anonim. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005. Tentang standar nasional pendidikan. Diakses tanggal 3 November 2015 dari http://kemenag.go.id/file/dokumen/PP1905.pdf.
Ardi Kurniawan. (2014). Kompetensi Guru Dan Kesiapan Sarana Prasarana Pada Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor Di SMK N 2 Pengasih. Tugas Akhir Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses tanggal 19 agustus 2015, Pukul 18.37 WIB dari: http://eprints.uny.ac.id/19852/1/Ardi%20Kurniawan%2010504241019.pdf
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitiatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Bumi Aksara
Yin, R. K. (2013). Studi Kasus: Desain & Metode. (Terjemahan M. Djauzi Muudzakir). Malang: PT Raja Grafindo Persada.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i7.3326
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin