HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR PRAKTIK LAS DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DI BIDANG PENGELASAN

Dedy Dwi Prasetyo, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Riswan Dwi Djatmiko, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan dan sumbangan prestasi belajar praktik las dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha di bidang pengelasan pada peserta didik jurusan teknik pemesinan di SMKN 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI sebanyak 117 siswa dengan jumlah sampel 84 responden. Analisis data dilakukan dengan analisis korelasi product moment dan regresi linier ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara prestasi belajar praktik las dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha di bidang pengelasan sebesar 0,546 dengan signifikansi 0,000 dan sumbangan sebesar 29,8%.

This research aims to determine the relation and contribution between learning achievement of welding practice and family environment; and the interest in entrepreneurship of welding on mechanical engineering students of SMK N 3 Yogyakarta. This is a descriptive-quantitative research. The population are 117 students of XI (eleven) grade and the sample are 84 respondents. Data were analyzed using product moment correlation and multiple linear regression. The results show a positive and significant correlation between learning achievement of welding practice and family environment and interest in entrepreneurship in the welding field with a factor of 0,546; 0,000 significance, and 29,8 % contribution. 


Keywords


Prestasi belajar, lingkungan keluarga, minat berwirausaha; Academic achievement, family environment, interest in entrepreneurship

Full Text:

PDF

References


Buchari Alma. (2013). Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta

Harsono Wiryosumarto & Toshie Okomura. (1994). Teknologi Pengelasan Logam. Jakarta: PT Pradnya Paramita

Hasbullah. (2006). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Hendro. (2011). Dasar-dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga

Tempo.co. (2014). Lulusan SMK Mendomisili Jumlah Pengangguran. Diakses tanggal 20 januari 2015, 11.00 WIB dari http:// www.tempo.co/read/news/2014/11/05/090619808/lulusan-smk-mendominasi-jumlah -pengangguran.

M. Ngalim Purwanto. (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Reza Agung Pribadi. (2014). Hubungan Prestasi Belajar Praktik Las Busur Manual Dan Bimbingan Karir Dengan Minat Berwirausaha Siswa. E-jurnal Pendidikan Teknik Mesin Volume 2. Nomor 3. Hlm. 201-208.

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Tohirin. (2006). Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i7.3324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin