PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK

Ahmad Luthfie Hakim, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Zainur Rofiq, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan prestasi siswa pada kompetensi dasar menerapkan dan melaksanakan teknik penggunaan alat ukur mata pelajaran teknologi mekanik. Subyek penelitian ini terdiri dari 27 siswa kelas X TP 2 SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Data keaktifan siswa dikumpulkan dengan observasi dan data prestasi hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan hasil ulangan harian. Hasil dari penelitian ini adalah peningkatan persentase keaktifan siswa 75% pada siklus I dan 86% pada siklus II, peningkatan persentase prestasi hasil belajar siswa 63% di siklus I dan 82% pada siklus II.

This study aims to determine students’ activity and academic achievement in a basic competency of implementation and application of measurement tools techniques in mechanical technology subjects. The subjects of this study are the 27 students of class X TP 2 SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. This research is a class action research, consisting of two cycles. Data for the students’ activity were collected by means of observation and for the academic achievement by means of tests. The results of this research are an improvement of student activity by 75% in the 1st cycle and by 86% in the 2nd cycle, and improvement of students’ academic achievement by 63% in the 1st cycle and 82% in the 2nd cycle.


Keywords


Penerapan, Quantum teaching, Teknologi Mekanik; Mechanical Technologi learning, Quantum teaching Model

Full Text:

PDF

References


DePorter, B., Reardon, M, & Nourie, S.S. (2008). Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Bandung: PT. Mizan Pustaka.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2004). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Oemar Hamalik. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

______________.(2005).Kurikulum dan Pembelajarannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Setiya Putri Ambarwati, (2010). Penerapan Model Quantum Learning dengan Metode Peta Pikiran (Mind Mapping) pada Mata Pelajaran Ekonomi sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Akselerasi S SMA Negeri 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i6.3319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin