PENGARUH KEAKTIFAN SISWA BERORGANISASI TERHADAP PENINGKATAN SOFT SKILLS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Amzar Yulianto, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Widarto -, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan siswa berorganisasi terhadap peningkatkan soft skills dan prestasi belajar siswa SMK Muhammadiyah Prambanan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Pemesinan. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Jumlah sampel adalah 56 siswa. Pengumpulan data dengan metode kuesioner dan metode dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini adalah: (1) terdapat pengaruh positif  dan signifikan keaktifan siswa berorganisasi terhadap peningkatkan soft skills dibuktikankan dengan harga rxy1=  0,493 > r2xy1= 0,243, harga thitung 4,166 > ttabel 2,003 pada taraf signifikansi 5%; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan keaktifan siswa berorganisasi terhadap prestasi belajar siswa dibuktikan dengan harga rxy2= 0,307 > r2xy2= 0,094,  harga thitung 2,367 > ttabel 2,003 pada taraf signifikansi 5%; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan peningkatan soft skills terhadap prestasi belajar siswa kelas dibuktikan dengan harga ry1y2= 0,267 > r2y1y2= 0,071, harga thitung 2,037 > ttabel 2,003 pada taraf signifikansi 5%.

 The aim of this research is to identify the effect of students’ involvement in organizations on the students’ soft skills and academic achievement in SMK Muhammadiyah Prambanan. This research is a quantitative research. The population is the students in 11th grade of machining major. Research sampling were done using purposive sampling technique. The number of samples is 56 students. Data is collected using questionnaire and documentation. The data were analyzed using sample regression analysis technique. The research result are; (1) there are a positive and significant influence of student involvement in organizations towards students’ soft skills which is indicated by rxy1 value = 0.493 > r2xy1 =0.243, tcount value =4.166 > ttable  2.003, on the significance level of 5%; (2) ) there are positive and significant influence of students’ involvement in the organizations towards student academic achievement  which is indicated by rxy2 value =0.307 > r2xy2 =0.094, tcount value = 2.367 > ttable  2.003, on the significance level of 5%; (3) there are positive and significant  influence of the improvement of students’ soft skills towards students’ academic achievement which indicated by ry1y2 value = 0.267 > r2y1y2 0.071, tcount value = 2.037 > ttable 2.003, on the significance level of 5%.


Keywords


Keaktifan Siswa Berorganisasi, Soft Skills, Prestasi Belajar, SMK Muhammadiyah Prambanan; student involvement, organization, soft skills, academic achievement

Full Text:

PDF

References


Femi Olivia. (2011). Tools For Study Skills Teknik Ujian Efektif. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Rudi Salam. (2007). Hubungan Kegiatan Ekstrakulikuler dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Semarang Tahun Ajaran 2006/2007. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi.

Sugiyono. (2011). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Widarto. (2011). Pengembangan Soft Skills Mahasiswa Pendidikan Vokasi Melalui Clop-Work. Yogyakarta Paramitra Publishing.

Yudhistira Ardana. (2011). Pengaruh Kegiatan Organisasi, Disiplin Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i5.3302

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin