PENGARUH PENERAPAN BLENDED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK PEMESINAN

Taofan Ali Achmadi Ali Achmadi, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Arif Marwanto, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan metode blended learning terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran teknik pemesinan bubut. Penelitian eksperimen semu jenis Non Equivalent Control Group Design ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Subyek penelitian adalah kelas XI TP2 sebagai kelompok kontrol dan kelas XI TP4 sebagai kelompok eksperimen masing-masing berjumlah 30 siswa. Data yang terkumpul melalui penilaian hasil pretest dan posttest dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis menunjukkan terdapat peningkatan prestasi belajar siswa yang signifikan (t hitung = 16,60 > t tabel = 2,002), dan terdapat perbedaan prestasi belajar siswa yang signifikan antara kelompok eksperiman dan kontrol (t hitung = 13,16 > t tabel = 2,002). Sehingga dapat disimpulkan penerapan metode blended learning berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa.

This research aims to study the effect of blended learning method on students’ academic achievement in lathe machining subject. This quasi-experimental research with Non Equivalent Control Group Design was carried out in SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. The subjects of the research were class XI TP2 as control group and class XI TP4 as experimental group; each consisting of 30 students. The data, which were collected from pretest and posttest results, were analyzed using t-test. The results show that there is a significant improvement of the students’ academic achievement (t test=16.60>t table=2.002), and there are significant differences in the students’ achievement between the experimental and the control group (t-test=13.16 > t-table=2.002). It can be concluded that the implementation of blended learning method significantly affects the students’ academic achievement.


Keywords


Blended learning, Teknik pemesinan bubut, Prestasi belajar; Blended learning, Llathe machining, Students’ achievement

Full Text:

PDF

References


Daryanto. (2010). Belajar dan Mengajar. Bandung: CV. Yrama Widya.

Koran, Jaya Kumar C. (2002), Aplikasi E-learning dalam Pengajaran dan pembelajaran di Sekolah Malaysia.

Muhammad Ali. (2007). Analisis Dampak Implementasi Model Blended Learning: Kombinasi Pembelajaran di Kelas dan E-Learning Pada Mata Kuliah Medan Elektromagnetik. Laporan Penelitian. UNY.

Rusman, Kurniawan D., & Riyana C. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Siti Nur Alfath. (2013). Pengembangan Media Blended Learning Berbasis Web Enhanced Course Pada Mata Kuliah Fisika Dasar 2 Jurusan Fisika UNNES. Laporan Penelitian. UNNES.

Sugiyono. (2012).Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumadi Suryabrata. (2013). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.

Syaiful B. Djamarah, dan Aswan Zain. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Wina Sanjaya. 2008. Stategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i5.3294

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin