KESIAPAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PRAKTIK MESIN CNC DI SMK SUKAWATI SRAGEN

Ilham Nuryudha, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Bernadus Sentot Wijanarka, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kesiapan Pelaksanaan pembelajaran Praktik mesin Computer Numeric Control (CNC) Kelas XI Teknik Pemesinan Di SMK Sukawati Sragen dimana yang di teliti adalah kesiapan siswa, guru serta sarana dan prasaran. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI sebanyak 111 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner, dokumentasi dan ceklist. Hasil penelitian ini adalah: (1) Tingkat kesiapan siswa sebagian besar termasuk dalam kategori Cukup (74,6%). (2) Kesiapan guru dalam pelaksanaan pembelajaran CNC dilihat dari aspek administrasi guru adalah sangat siap (85%) telah memenuhi adminstrasi guru. (3) Prasarana bengkel CNC ditinjau dari luas bengkel termasuk dalam kriteria sangat siap (100%); Sarana bengkel bubut CNC dikategorikan siap (70%) telah memenuhi standar minimum; Sarana bengkel frais CNC dikategorikan siap (63%) telah memenuhi standar minimum.

This study aims to study the implementation readiness of CNC Machine learning practice on class XI of SMK Sukawati Sragen. Incorporating a descriptive research, variables being investigated are the readiness of the students the teachers, infrastructure and facilites. The research population is all of the 111 class XI students. Data were collected using questionnaires, documentation and checklists. Results of the study are: (1) Readiness level of most students can be categorized as adequate (74.6%); (2) Teachers readiness in in terms of administrative aspect can be categorized as fully ready (100%); Workshop infrastructure is in full readiness (100%), the CNC Lathe and CNC Milling workshops have met the minimum standard with 70% and 63% readiness, respectively.


Keywords


Kesiapan pelaksanaan, Praktik CNC, Sarana, Prasarana; Implementation Readiness, CNC Machines, Infrastructure, Facility

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Stastistik. (2015) Pengangguran Terbuka Menurut Pendidikan Tinggi Yang di Tamatkan Februari 2015. Diakses tanggal 16 Juni 2015 dari http://www.bps.go.id

Bafadal, Ibrahim. (2004). Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasi. Jakarta : Bumi Aksara

Dalyono (1997) Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Lilih Dwi P., dkk. (2001). Buku CNC TU 2A dan TU-3A. Surabaya: BLPT

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i4.3287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin