HUBUNGAN KINERJA GURU MENGIMPLEMENTASIKAN PENDIDIKAN KARAKTER DAN BUDAYA SEKOLAH DENGAN KARAKTER SISWA

Indra Cahyanto B., Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Syukri FAW, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui gambaran karakter siswa, kinerja guru mengimplementasikan pendidikan karakter dan budaya sekolah, mengetahui hubungan kinerja guru dengan karakter siswa, budaya sekolah dengan karakter siswa, dan kinerja guru mengimplementasikan pendidikan karakter dan budaya sekolah dengan karakter dan  mengetahui sumbangan efektif kinerja guru mengimplementasikan pendidikan karakter dan budaya sekolah terhadap karakter  siswa. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan sampel 159 siswa kelas XI SMKN 2 Depok, Sleman. Data dikumpulkan dengan angket, kemudian dianalisis deskriptif, korelasi dan regresi. Hasil penelitian: diketahui gambaran kondisi karakter siswa dalam kategori baik, kinerja guru mengimplementasikan pendidikan karakter  dalam kategori baik, dan budaya sekolah  dalam kategori sangat baik , diketahui terdapat hubungan positif dan signifikan antara kinerja guru mengimplementasikan pendidikan karakter dengan karakter siswa, budaya sekolah dengan karakter siswa, dan kinerja guru mengimplementasikan pendidikan karakter dan budaya sekolah dengan karakter siswa, diketahui sumbangan efektif yang diberikan variabel kinerja guru mengimplementasikan pendidikan karakter dan budaya sekolah terhadap karakter siswa sebesar 25,7 %.

The purposes of this research are: (1) To determine student’s character, teacher performance in implementing character education and school culture; (2) to study the relationship between teacher performance and student’s character, between school culture and students character, and between teacher perfomance in implementing character education-and-school culture  and student’s  character; (3) to determine the effective contribution of teacher perfomance in implementing character education-and-school culture to student’s character. This research was ex-post facto research with a sample of 159 level 2 students of SMKN 2 Depok. The data was collected using questionnaire. Data were analyzed using descriptive, correlation and regression analysis. The result show that: (1) Student character is in good category, teacher perfomance in implementing character education is in good category, and school culture is in very good category; (2) There is a positive and significant relationship between teacher perfomance in implementing character education and student’s character, school culture and student’s character, and teacher perfomance in implementing character  education-and -school culture and student's character; (3)  The effective contribution of teacher perfomance in implementing character education-and-school culture to student’s character is about 25,7%.


Keywords


Karakter siswa, Kinerja guru, Pendidikan karakter, Budaya sekolah; Student character,Tteacher performance, Character education, School culture

Full Text:

PDF

References


Ajat, Sudrajat. (2011). Pendidikan Karakter dalam Perspektif dan Praktik. Yogyakarta: UNY Press.

Darmiyati, Zuchdi. (2009) Pendidikan Karakter Grand Design dan Nilai-nilai Target. Yogyakarta: UNY Press.

Hanifah, Nurhidayati. (2012). Identifikasi Budaya Sekolah di SMK Negeri 3 Wonosari. Yogyakarta: Skripsi UNY.

Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Depdiknas.

Marzuki. (2011). Konsep Dasar Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Jurnal Ilmiah UNY.

Pemerintahan Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Rahmat S, Setiadi. (2012). Hubungan Antara Budaya Sekolah dan Keteladanan Guru Dengan Karakter Siswa Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 3 Yogyakarta. Skripsi, tidak dipublikasikan. UNY.

Saptono. (2011). Dimensi-Dimensi Pendidikan Karakter. Jakarta: Esensi.

Sofan, A., Tatik, E., & Ahmad, J. (2011). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukadiyanto. (2011). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, artikel dalam Pendidikan Karakter dalam Perspektif dan Praktik. Yogyakarta: UNY Press.

Sukardi. (2013). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wijaya, Kusumah (2010). Budaya Sekolah (School Culture). Diakses 3 maret 2015 dari http://edukasi.kompasiana.com/2010/03/23/budaya-sekolah-school-culture-100045.html.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i4.3281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin