HUBUNGAN INTELIGENSI SPASIAL DAN PEMAHAMAN GAMBAR TEKNIK TERHADAP KEMAMPUAN MENGAPLIKASIKAN AUTOCAD
Yatin Ngadiyono, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan inteligensi spasial dan pemahaman gambar teknik terhadap kemampuan mengaplikasikan AutoCAD siswa kelas XI Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah correlational study dengan pendekatan ex-post facto. Sampel penelitian ini adalah 62 orang siswa kelas XI yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan melalui tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara inteligensi spasial terhadap kemampuan mengaplikasikan AutoCAD (ryx1= 0,487), terdapat hubungan positif dan signifikan antara pemahaman gambar teknik terhadap kemampuan mengaplikasikan AutoCAD (ryx2= 0,403), dan terdapat hubungan positif dan signifikan antara inteligensi spasial dan pemahaman gambar teknik secara besama-sama terhadap kemampuan mengaplikasikan AutoCAD (Ryx1x2= 0,529).
This study aimed to determine the correlation of spatial intelligence and engineering drawing congition with the ability to use AutoCAD of class XI students of SMK N 2 Yogyakarta. The research type is correlational study with ex-post facto approach. The sample of this study were 62 students of class XI, that choosen using the simple random sampling technique. The data collection techniques being used was tests and documentation. Results of this study show that there is a positive and significant correlation between spatial intelligence and the ability to use AutoCAD (ryx1 = 0.487), a positive and significant correlation between cognition of engineering drawing and the ability to use AutoCAD (ryx2 = 0.403), and there is a positive and significant correlation between spatial intelligence together with the cognition of engineering drawing and and the ability to use AutoCAD AutoCAD (Ryx1x2=0,529).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agus Efendi. (2005). Revolusi Kecerdasan Abad 21: kritik MI, EI, SQ, AQ & succesful intelligence Atas IQ. Bandung: Alfabeta
Campbell, Linda., Campbell Bruce., & Dickinson, Dee. (2002). Multiple Intelligences: Metode Terbaru Melesatkan Kecerdasan. Depok: Inisiasi Press
G. Takeshi Sato (1992). Menggambar Mesin Menurut ISO. (N. Sugihantoro Hartanto). Jakarta: Pradya Paramita
Giesecke, et al. (2000). Gambar Teknik (Edisi Kesebelas). Jakarta: Erlangga
Julia Jasmine. (2012). Metode Mengajar Multiple Intelligences. Bandung: Nuansa Cendekia
Manggala Ady Sutmonbara. (2012). Hubungan Antara Prestasi Mata Diklat Menggambar Teknik Terhadap Kemampuan Menggambar Teknik dengan Bantuan Program AutoCAD siswa kelas XII Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Skripsi, Tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Sugiyono. (2011). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Askasa
UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem pendidikan Nasional. Diakses tanggal 16 April 2014 dari http://www.dikti.go.id/files/atur/UU20-2003Sisdiknas.pdf.
W. S. Winkel. (2014). Psikologi Pengajaran. Yogyakrta: Sketsa
Yarso Nurbowo. (2004). “Pengaruh Prestasi Belajar Menggambar Teknik Bangunan Bangunan Gedung dan Lingkungan belajar Terhadap Kemampuan Mengaplikasikan Program AutoCAD Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMKN 2 Depok Sleman Yogyakarta”. Skripsi, tidak diterbitkan. Universitas Negeri Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i4.3280
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin