PENGARUH KEDISIPLINAN DAN INTERAKSI SISWA DENGAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRAKTIK PENGELASAN
Arif Marwanto, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan siswa dan interkasi siswa dengan guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Praktik Pengelasan kelas XI di SMK Negeri 1 Sedayu Bantul. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan Teknik Pengelasan. Pengumpulan data menggunakan metode kuisioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana untuk hipotesis pertama dan kedua serta analisis regresi ganda untuk hipotesis ketiga. Hasil penelitian ini adalah; (1) Kedisiplinan Siswa berpengaruh terhadap Prestasi Belajar Praktik Pengelasan dengan sumbangan 15,9%; (2) Interaksi Siswa Dengan Guru berpengaruh terhadap Prestasi Belajar Praktik Pengelasan dengan sumbangan 32,5%; (3) Kedisiplinan Siswa dan Interaksi Siswa Dengan Guru secara bersama-sama berpengaruh terhadap Prestasi Belajar Praktik Pengelasan dengan sumbangan 40,8%.
This research aimed to determine the influence of student discipline and student-teacher interaction on students’ learning achievement in Welding Practice Subject of Class XI at SMK Negeri 1 Sedayu Bantul. The research population were all of class XI students majoring in welding engineering. Data were collected using questionnaire, interviews and documentation. The data analysis technique being used was simple regression analysis for the first and second hypothesis, and multiple regression analysis for the third hypothesis. Results of the research are: (1) Students’ discipline influences students’ learning achievement in welding practice with a contribution of 15,9%; (2) Student-teacher interaction influences students’ learning achievement with a contribution of 32,5%; (3) Altogether, students’ discipline and student-teacher Interaction students’ learning achievement with a contribution of 40,8%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
H. M. Musfiqon. (2012). Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya
Malayu P Hasibuan. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Rachman, Maman. (1999). Manajemen Kelas. Jakarta: Depdikbud dan Rineka Cipta.
Sardiman A. M. (1996). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Singgih Saputro. (2012). Pengaruh disiplin belajar dan teman sebaya terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan akutansi angakatan 2009 FE UNY. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Sudjana, Nana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Suranti (2010). Hubungan antara minat, motivasi, dan interaksi dengan prestasi belajar siswa kelas X di SMK Negeri 1 Yogyakarta. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i4.3279
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin