EVALUASI PELAKSANAAN PRAKERIN SISWA BIDANG KEAHLIAN TEKNIK MESIN SMK N 2 PENGASIH
Sudiyatno -, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan prakerin, hasil pelaksanaan prakerin, dan tingkat kesesuaian antara hasil dengan tujuan prakerin di SMK N 2 Pengasih. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan pendekatan model evaluasi Stake. Subjek penelitian ini sebanyak 61 peserta didik dan 7 orang pembimbing. Instrumen penelitian yang digunakan adalah dokumentasi, angket terbuka, angket tertutup, dan observasi. Data hasil penelitian yang diperoleh kemudian dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi pelaksanaan prakerin dilihat dari pelaksanaan, pembimbingan di tempat prakerin maupun pembimbingan dari sekolah dan dampak dari Prakerin dinilai baik dan masih dapat ditingkatkan.
The purpose of this study is to evaluate the implementation of industrial practical work (Prakerin), results of the Prakerin, and determine the level of conformity between the results and the goals set of the Prakerin which conducted by SMK N 2 Pengasih. This research is an evaluative research using the approach of Stake evaluation model. The subjects of this study were 61 students and 7 supervisors. The research instruments being used were documentation, open questionnaire, closed questionnaire, and observation. Data were obtained and analyzed using descriptive statistics. The evaluation results indicate that the implementation of Prakerin in terms of the execution, on-site supervision and school supervision, and the impact of the Prakerin is in good standing.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Beni Prasetyo. (2013). Evaluasi Pelaksanaan Praktik Kerja Industri Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK N 2 Klaten. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Suryamin. (2014). Pengangguran SMK Tinggi, Ironi Slogan “SMK Bisa!”. Diakses tanggal 10 September 2014 dari http://edukasi.kompasiana.com/2013/11/06/pengangguran-smk-tinggi-ironi-slogan-smk-bisa-607079.html
Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 323/U/1997 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda Pada Sekolah Menengah Kejuruan
Saifuddin Azwar. (1999). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sukardi. (2011). Statistika Pendidikan untuk Penelitian dan Pengelolaan Lembaga Diklat. Yogyakarta: Usaha Keluarga.
Sukardi. (2012). Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i3.3277
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin