HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN TEORI MEMBUBUT DAN MEMBACA GAMBAR KERJA DENGAN PRESTASI PRAKTIK MEMBUBUT DI SMK N 2 YOGYAKARTA
Nurdjito -, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penguasaan teori membubut dan kemampuan membaca gambar kerja dengan prestasi praktik membubut siswa kelas XI Jurusan Teknik Pemesinan di SMK N 2 Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian ex post facto. Variabel dalam penelitian ini adalah penguasaan teori membubut (), kemampuan membaca gambar kerja () dan prestasi praktik membubut (Y). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 89 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan positif dan signifikan antara penguasaan teori membubut dan kemampuan membaca gambar kerja dengan prestasi praktik membubut (=0,356; α= 0,05). Sumbangan dari penguasaan teori membubut dan kemampuan membaca gambar kerja terhadap prestasi praktik membubut sebesar 12,7%. Adapun persamaan garis regresinya: Y = 72,327 + 0,587+ 0,573.
This research aims to understand the correlation between the mastery of lathe machining theory and the ability to read engineering drawings with the achievement in lathe practices. This research is an ex post facto research. The variable in this research are the mastery of lathe machining theory (), the ability to read engineering drawings (), and the achievement of lathe practices (Y). The samples were 89 students. Data were collected using tests and documentation methods. Data were analyzed using simple regression and multiple regression analysis. The results of this research show that there is a positive and significant relationship between the mastery of lathe machining theory and the ability to read engineering drawings with a the achievement in lathe practice (=0,356; α= 0,05). Contribution of the mastery of lathe machining theory and the ability to read engineering drawings towards the achievement in lathe practices is 12.7%. The equation of regression line can be written as Y = 72,327 + 0,587+ 0,573.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggun Pribadi (2013). Hubungan pemahaman teori pemesinan dan fasilitas kerja dengan prestasi praktik pemesinan siswa kelas XI jurusan teknik pemesinan di SMK Negeri 2 Depok Sleman. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Duwi Priyatno. (2009). 5 Jam Belajar Olah Data degan SPSS 17. Yogyakarta: Andi Offset
Fauzan Arafat Siahaan (2013). Hubungan antara disiplin belajar dan tingkat pemahaman gambar teknik dengan prestasi belajar mapel melakukan pekerjaan dengan mesin bubut. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.
G. Takeshi Sato & N. Sugiarto H. (1999). Menggambar Teknik Mesin Menurut Standar ISO. Jakarta : PT. Pradnya Pramita
Nana Sudjana. (2005). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo
UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem pendidikan Nasional. Diakses Tanggal 20 April 2014 dari http://www.dikti.go.id/ files/atur/UU20-2003Sisdiknas.pdf.
Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i3.3272
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin