PENGARUH PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001: 2008 DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU

Erfan Andi Saputro, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Sugiyono -, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penerapan Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001: 2008 dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan expost facto. Populasi yang digunakan adalah seluruh guru di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta sebanyak 98 guru dengan jumlah sampel sebanyak 78 guru yang ditentukan dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling sehingga didapatkan rincian 36 guru produktif, 22 guru normatif dan 20 guru adaptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner tertutup dengan 5 pilihan jawaban yang tersedia. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi. Hasil penelitian diketahui bahwa penerapan SMM ISO 9001: 2008 dan kepemimpinan kepala sekolah bersama-sama memiliki hubungan terhadap kinerja guru di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dengan koefisien korelasi 0,653.

The purpose of this study is to investigate the relationship between implementation of Quality Management System (QMS) ISO 9001: 2008 and the school principal leadership on teacher work performance in SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. This research uses correlational ex post facto approach. The population used is all of the teacher in SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta (98 teachers) with a total samples of 78 teachers which was determined using proportionate stratified random sampling technique. This resulted in the determination of 36 productive teachers, 22 normative teachers and 20 adaptive teachers. Data were collected using an enclosed questionnaire with a 5 answer choices available. The data were analysed using descriptive analysis and regression. The results reveal that the implementation of QMS ISO 9001: 2008 and the leadership of the school principal together correlates with the work performance of teachers in SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta with a correlation coefficient of 0,653.


Keywords


Kinerja guru, Kepemimpinan kepala sekolah, Penerapan, SMM ISO 9001: 2008; Teacher performance, School leadership, Implementation, QMS ISO 9001:2008

Full Text:

PDF

References


Barnawi & Mohammad Arifin. (2012). Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Direktorat Pendidikan Dasar Menengah. (2008). Pedoman Standar Mutu SMK. Jakarta: Ditjend PMTK, Depdiknas.

Mulyasa, E. (2012). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

PISA. (2012). Pisa 2012 result. Diakses tanggal 23 februari 2014 dari http://oecd.org/pisa.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

. (2013). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Suharsimi, Arikunto. (2013). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Wahjosumidjo. (2003). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

. (2011). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i3.3271

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin