PENGARUH GROUP FACEBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR LAS SMAW SISWA
Wahidin Abbas, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh group facebook terhadap hasil belajar las SMAW siswa kelas X Jurusan Teknik Pemesinan di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian menggunakan metode eksperimen, bentuk kuasi-eksperimen dengan ex post facto design. Pengambilan sampel dengan random sampling dua dari empat kelompok. Pengumpulan data dilakukan menggunakan dokumentasi. Uji analisis dengan uji t-Test dengan prasyarat uji normalitas dan homogenitas. Berdasar penelitian hasil belajar siswa kelompok eksperimen dan kontrol didapati rerata 77,41 dan 77,15. Hasil analisis menunjukkan: (1) tidak terdapat perbedaan hasil belajar setelah diberi perlakuan yang ditunjukkan pada data perbandingan posttest kedua kelompok didapatkan (P=0,240≥0,05). (2) pembelajaran dengan group facebook dengan cara konvensional sama baiknya dapat ditunjukkan pada analisis uji-t yang menunjukkan bahwa P=0,240.
This research aims to study the effect of Facebook Group (discussion) treatment on the learning outcomes of SMAW subject towards Class 10 students of Machining Department of SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. The methods used in this research is quasi-experiments with an ex post pacto design. Random sampling were taken from two of four groups. Data were collected using documentation technique. T-Test analysis were carried out with normality and homogeneity prerequisites. Analysis of the experiment and control groups shows the average test results of 77.41 and 77.15, respectively. Research findings showed that: (1) there are no differences in the learning outcomes after given the treatment, which can be deduced from the comparison of post tests of the two groups having the P value of 0.240 (≥0.05); (2) The Facebook Group Treatment have the same effects as conventional learning method, as can be deduced from T-Test analysis with the P value of 0.240.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Creswell John W. (2012). Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Lincoln: University of Nebraska Daulat Purnama
Mattew Miller. (2011). Facebook Companion. Indianapolis:Wiley Publishing, Inc.
One Kharisma Fatheha Fauzi. (2013). Pengem-bangan Multimedia pada Pembelajaran Muatan Lokal Batik di SMK Negeri 4 Yogyakarta. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
_______. (2013). Stastika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta:PT Bumi Aksara
Sulistyo. (2010). Metode Penelitian. Jakarta: Penaku
Sri Hastuti. 2011. Hubungan Pemanfaatan Situs Jejaring Sosial Facebook Dengan Penguasaan Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Siswa SMP Negeri di Kotamadya Yogyakarta. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Facebook. Facebook. Diakses 14 Desember 2014 darihttps://www.facebook.com/help/162866443847527/.
Kompas. 2013. Tiap hari 33 Juta Orang Indonesia Buka facebook Diakses 14 Desember 2013 dari http://tekno.kompas.com/read/2013/09 /20/1629066/Tiap.Hari.33.Juta.Orang.Indonesia.Buka.Facebook.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i3.3269
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin