PENERAPAN ISO 9001: 2008 TERHADAP KUALITAS PELAYANAN SEKOLAH DI SMK N 2 KLATEN
Moch Bruri Triyono, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui persepsi siswa terhadap kualitas pelayanan setelah diterapkan sistem manajemen mutu ISO 9001: 2008 di SMK Negeri 2 Klaten. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 2 Klaten. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 286 siswa mengacu pada tabel Issac dan Michael. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Penelitian ini menggunakan 5 kategori yaitu sangat puas, puas, cukup puas, tidak puas dan sangat tidak puas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) sebagian besar siswa merasa cukup puas dengan kualitas pelayanan administrasi sekolah sebesar 55,24 % (2) sebagian besar siswa merasa cukup puas dengan kualitas pembelajaran guru sebesar 49,65 % dan (3) sebagian besar siswa merasa cukup puas dengan kualitas pelayanan bengkel sebesar 48,25 %.
This research aims to know the students perception of the quality of services after implementation of quality management system ISO 9001: 2008 in Vocational Secondary School (VSS) State 2 Klaten. This research included quantitative research. This research population was students of VSS State 2 Klaten. The samples on this research as much as 286 students referring to Table of Issac and Michael. Data collection method used question and documentation. Analytical techniques descriptive analyses using data. That has five categories. They are very satisfied, satisfied, fairly satisfied, dissatisfied, very dissatisfied. The results of study showed that: (1) most of students felt fairly satisfied with quality of administration service are 55,24%. (2) most of students felt fairly satisfied with quality of teacher education are 49,65% and (3) most of students felt fairly satisfied with quality of workshop service are 48,25%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Detha Rintiansyah Putri, S. (2013). Analisis tingkat kepuasan warga sekolah terhadap penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 dalam hal kualitas pelayanan di SMKN 2 Yogyakarta. Diakses tanggal 28 Januari 2015, jam 18.30 WIB dari http://journal.student.uny.ac.id/jurnal/artikel/3799/94/413.
Hardiyansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta : Gava Media.
Nawawi. (1998). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Saifuddin Anwar (2004) Metode Penelitian I. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Vincent, Gaspersz (2011). Total Quality Management. Rev.ed. Bandung: Vinchristo Publication.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i2.3263
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin