ANALISA PELAKSANAAN KURIKULUM SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BERORIENTASI KTSP DI SMKN 2 PENGASIH
Sukardi -, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran penerapan KTSP pada pembelajaran mata pelajaran produktif semua jurusan di SMKN 2 Pengasih. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X (sepuluh) semua program keahlian. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1). Penerapan KTSP pada indicator guru termasuk dalam kategori baik, dan pada indicator siswa dalam kategori baik. (2). Tidak ada perbedaan signifikan dalam pelaksanaan kurikulum di SMKN 2 Pengasih dengan taraf signifikansi 5 %. Hal ini didasarkan pada hasil analisis paired sample t test yaitu harga t untuk indikator siswa sebesar 6,403 dan untuk indikator guru sebesar 3,711. (3). Usaha yang dilakukan guru untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam penerapan KTSP yaitu dengan menggunakan metode mengajar variatif, guru membuat modul dan menambah refrensi bahan ajar, memperbaiki dan menambah sarana prasarana yang memadai.
This study aimed to obtain the application of the learning subjects KTSP productive all majors in SMKN 2 Pengasih. This study is a descriptive study using quantitative approach . The subjects of this study were students of class X (ten) all skill programs. Methods of data collection using the questionnaire . Data analysis using descriptive analysis inferential . The results showed that ; (1) Application of SBC on teacher indicators included in both categories , and the indicator of students in both categories. (2) No significant differences in the implementation of the curriculum in SMKN 2 Pengasih with significance level of 5 % . It is based on the results of the analysis of paired sample t test is priced t for indicators of 6.403 students and for teachers indicator of 3.711. (3) Work done for the teachers overcome the obstacles in the implementation of KTSP is by using varied teaching methods , teachers create modules and add reference materials, improving and adding adequate infrastructure.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dakir. 2001. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Yogyakarta: FIP UNY.
Oemar Hamalik. 2005. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 1999. Statistik Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i2.3262
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin