EFEKTIVITAS VIDEO TUTORIAL TERHADAP PRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS XI

Angga Prabowo, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Yatin Ngadiyono, Pendidkan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran prestasi dengan video tutorial dan efektifitas video tutorial dengan media modul. Penelitian yang menggunakan metode quasi eksperimen ini dilaksanakan di Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Piri 1 Yogyakarta. Subjek penelitian adalah Kelas XI TKR 3 dengan 19 siswa sebagai kelompok kontrol dan kelas XI TKR 4 dengan 24 siswa sebagai kelompok eksperimen. Penelitian dilakukan pada mata pelajaran Gambar Teknik. Data dikumpulkan menggunakan pre-test dan post-test. Hasil penelitian ini menunjukan gambaran prestasi media video tutorial mengalami peningkatan dari selisih rata-rata sebesar 37,5 dan pengujian hipotesis Zhitung (1,97) > Ztabel (1,96), sedang hasil pengujian hipotesis perbandingan media video tutorial dengan modul Zhitung (4,64) > Ztabel (1,69).

The purpose of this research is to describe the achievements view with video tutorials and the effectiveness of video tutorials with a media module. This research which using quasi-experimental method is implemented in Vehicle Engineering Department of SMK Piri 1 Yogyakarta. The research subjects were TKR 3 class XI with 19 students as a control group and class XI TKR 4 with 24 students as an experimental group. The research was conducted on the subjects of Engineering Drawing. Data collected using a pre-test and a post-test. These results indicate achievement view of  tutorial video media which has increased from an average difference of 37.5 and hypothesis testing Zcalculation (1,97) > Ztabel (1,96), while the results of hypothesis testing of tutorial video media comparisons with Zcalculation module (4,64)> Ztabel (1,69).


Keywords


Video tutorial, Prestasi, Gambar teknik; Video tutorials, achievement, Engineering drawing

Full Text:

PDF

References


Arif S. Sadiman. (1986). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta:Rajawali.

Cheppy Riyana (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI.

Hamzah Fanusri. (2014). Penerapan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Teknik Fabrikasi Logam Pada Mata Pelajaran Teori Las Oxy-Acetyline di SMK N 1 Seyegan. Laporan penelitian. UNY.

Hamid Darmadi. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alvabeta.

Kemdikbud. (2014). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Diakses tanggal 10 Juli 2014 dari http://kbbi.web.id/video.

Kemdikbud. (2014). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Diakses tanggal 10 Juli 2014 dari http://kbbi.web.id/tutorial.

Mufti Mirandra. (2012). Penggunaan Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Kelas III B MI Sananul Ula Piyungan Bantul. Laporan Penelitian. UIN Yogyakarta.

Riduwan. (2013). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru – Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pendidikan. Yogyakarta: Pedajogia.

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: P.T Rineka Cipta.

V. Wiratna Sujarweni dan Poly Endaryanto. (2012). Statistika Untuk Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i1.3256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin